8 Cara Agar Selalu Berpikir Positif dan Dewasa Setiap Waktu

Cara Agar Selalu Berpikir Positif dan Dewasa Setiap Waktu

8 Agar Selalu dan Dewasa Setiap Waktu – Sudah bukan rahasia lagi jika seseorang selalu , maka kebaikan pula yang akan didapatnya.

Sebaliknya, bagi orang-orang yang selalu berpikir negatif, maka akan banyak keburukan yang datang kepadanya.

Oleh karena itu, sebisa mungkin pertahankan berbagai pemikiran positif, dan hilangkan pikiran negatif yang coba menghantui Kamu.

Meskipun tak mudah, tetapi mempertahankan berpikir positif bukan suatu hal yang mustahil.

Kamu bisa melakukan beberapa cara ini agar tetap berpikir positif dan dewasa sepanjang waktu. Apa saja?

1. Fokus Pada Apa yang Sudah Dimiliki

Salah satu cara berpikir positif dan dewasa adalah bersyukur dengan apa yang telah kita miliki, bukan pada yang belum kita punya.

Tapi bukan berarti Kamu tidak boleh punya keinginan untuk sesuatu yang belum Kamu miliki.

Dengan mensyukuri pencapaian Kamu saat ini, secara tidak langsung akan membuat Kamu bahagia dan positif sepanjang waktu.

Ketika Kamu berfokus pada sesuatu yang belum Kamu punya dan berambisi untuk meraihnya, maka berhati-hatilah, hal tersebut bisa membuat Kamu jauh dari rasa syukur karena merasa kurang terus.

Sebenarnya tidak masalah punya keinginan kuat, tapi jangan sampai Kamu lupa dengan apa yang sudah Kamu miliki.

Selain itu, Kamu juga bisa fokus pada hal-hal yang membuat Kamu bahagia.

Dengan begitu, Kamu akan tersenyum saat mengingatnya dan tentu saja membuat hari Kamu akan lebih ceria.

2. Bergaul Dengan Orang Positif

Pemikiran, baik itu positif atau negatif, dapat terbentuk karena maupun faktor lingkungan. Faktor lingkungan termasuk dengan siapa Kamu berteman.

Jika Kamu bergaul dengan orang-orang yang selalu berpikir negatif, tentu lama-kelamaan Kamu akan terbawa arus mereka.

Sebaliknya, jika Kamu bergaul dengan orang-orang baik, maka Kamu pun akan ikut menjadi orang yang baik.

Pilihan ini ada di tangan Kamu, apakah ingin berteman dengan yang baik atau yang membawa pengaruh buruk!

3. Tersenyum

Sesulit apapun keadaannya, cobalah untuk tetap tersenyum. Karena, senyuman tidak hanya membawa kebahagiaan untuk Kamu, tetapi untuk orang-orang di sekitar Kamu.

Senyuman menandakan bahwa Kamu berusaha ramah terhadap setiap orang, sekaligus menjadi sinyal bahwa Kamu “welcome” kepada mereka.

Dengan tersenyum, Kamu tidak cuma dapat menyenangkan orang lain, lebih dari itu, Kamu akan menjadi lebih awet muda dan disukai banyak orang.

4. Bacalah Sesuatu yang Baik

Bacaan juga dapat mempengaruhi pola pikir seseorang, dimana bacaan yang mengandung unsur kebencian, akan membawa pikiran Kamu kepada hal yang negatif.

Begitupun bacaan-bacaan atau kabar menggembirakan, akan berdampak baik bagi diri Kamu.

Jika ingin selalu berpikir positif, maka sebaiknya Kamu harus lebih selektif memilih bacaan.

Bacalah buku-buku atau artikel yang dapat mengupgrade kemampuan Kamu, maupun membuat Kamu selalu berpikir positif.

Selain bacaan, Kamu juga bisa menonton acara-acara yang positif, atau yang sifatnya membangun diri Kamu menjadi pribadi yang lebih baik.

Kalau Kamu melakukan hal ini secara , maka lama-kelamaan Kamu akan selalu berpikir positif, dan tidak ada ruang untuk pemikiran yang negatif.

5. Melihat Kebaikan Dari Setiap Keburukan

Cara berpikir positif dan dewasa selanjutnya yang bisa Kamu lakukan adalah dengan melihat sisi terang dari suatu masalah.

Apapun yang terjadi dalam diri Kamu, lihatlah sisi kebaikannya, bukan malah sebaliknya.

Biasakan pemikiran yang seperti ini, sehingga Kamu akan terbiasa mengambil hikmah atau sisi positif dalam setiap kejadian.

Kamu harus yakin bahwa musibah atau keburukan yang menimpa diri Kamu, sesungguhnya membawa nilai lebih jika dilihat dari sisi terang.

Selain yang terjadi pada diri sendiri, Kamu juga harus selalu melihat sisi baik seseorang.

Seburuk-buruknya orang, pasti mereka juga punya sisi baik, hanya saja tidak terlihat oleh Kamu.

Untuk itu, Kamu tidak bisa seenaknya menilai orang, lalu men-judge seseorang berdasarkan apa yang Kamu lihat atau dengar.

Jika Kamu sudah terbiasa dengan melihat sisi baik dari setiap keburukan, maka Kamu dengan mudah akan selalu berpikir positif.

6. Melihat ke Dalam Diri Sendiri

Sering kali pikiran negatif itu datang ketika kita melihat keburukan orang lain, atau tingkah laku seseorang yang sekiranya kurang pas maupun membuat kita risih. Padahal, jika mau berpikir lebih jernih, kita demikian di orang lain. Mungkin banyak salah, atau ada perbuatan yang tidak mengenakkan buat orang lain namun tanpa kita sadari.

Nah, kalau Kamu juga mengalami hal yang seperti ini, ada baiknya jika Kamu melihat kembali ke dalam diri Kamu sendiri. Apakah Kamu sudah benar, atau Kamu juga kerap melakukan keburukan tanpda disadari.

Kamu perlu menyadari bahwa manusia tempatnya salah dan lupa. Begitu pun diri Kamu yang sering salah dan lupa. Jadi, jika ada seseorang yang berbuat tidak tepat, cobalah ingat-ingat kejadian di masa lalu yang pernah Kamu lakukan.

Kalau Kamu pernah berbuat seperti mereka, apa yang Kamu pikirkan saat itu. Mungkin pada waktu itu Kamu sedang bad mood sehingga emosi tak terkontrol, atau mungkin Kamu tidak sadar kalau Kamu berbuat yang tidak tepat.

Dengan melihat kembali ke dalam diri Kamu, mungkin Kamu akan berpikir lebih positif tentang orang-orang yang sedang berbuat tidak tepat tersebut.

7. Jangan Langsung Beraksi

Kalau Kamu mendengar sesuatu yang buruk, apakah Kamu akan langsung bereaksi atau berpikiran negatif?

Jika iya, maka ubahlah segera tersebut!

Kabar buruk maupun kejadian tidak mengenakkan akan membuat Kamu selalu berpikir negatif ataupun mengira-ngira hal yang belum terjadi. Padahal, kejadian buruk tersebut belum tentu seperti apa yang Kamu pikirkan.

Misalnya, ketika Kamu diberitahu oleh teman bahwa Kamu dapat omongan buruk dari seseorang, bisa jadi pada saat itu Kamu langsung berpikir yang aneh-aneh. Namun pada kenyataannya, setelah cross check kebenarannya, omongan miring tersebut tidak pernah ada! Tapi karena Kamu sudah kebawa emosi dan berpikiran negatif, Kamu melakukan hal yang diluar batas. Tentu itu sangat merugikan buat Kamu bukan?

Untuk itu, cara berpikir positif dan dewasa adalah dengan tidak mengambil tindakan langsung atau tidak langsung bereaksi. Kamu bisa berpikir jernih dulu tentang suatu permasalahan, atau jika ada kasus seperti di atas, Kamu bisa cari tahu dulu kebenarannya. Hal ini akan menjaga pikiran Kamu tetap positif, dan merupakan salah satu bentuk kedewasaan.

8. Ulangi Kebiasaan yang Baik Ini

Untuk memastikan cara berpikiran positif dan dewasa ada sepanjang waktu, maka Kamu perlu membiasakan diri dan melatihnya terus-menerus.

Itu sama seperti Anda belajar apapun, mungkin saat pertama Kamu coba tidak berhasil. Namun setelah kesekian kalinya, Kamu mulai mahir. Nah, agar tidak lupa dengan apa yang sudah Kamu pelajari, maka itu harus Kamu biasakan sesering mungkin, sampai masuk ke alam bawah sadar Kamu.

Artinya, semua poin-poin di atas percuma saja jika hanya Kamu baca, tapi tidak Kamu praktekkan dan tidak dibiasakan!

Dari pikiran yang positif, akan lahir sebuah tindakan, jika sering dilakukan akan menjadi kebiasaan, lalu pada akhirnya akan menjadi kenyataan, yaitu diri Kamu yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Itulah beberapa cara sederhana agar Kamu selalu dapat berpikir positif dan dewasa dalam setiap waktu. Hal-hal di atas memerlukan kebiasaan dan konsisteni dalam melakukannya.

8 Cara Agar Selalu Berpikir Positif dan Dewasa Setiap Waktu