Alasan Pentingnya Menunaikan Ibadah Haji

Alasan Pentingnya Menunaikan Ibadah Haji

Alasan Pentingnya Menunaikan Ibadah adalah kewajiban bagi umat yang mampu melaksanakannya, baik secara fisik, mental dan materi. Setiap tahunnya, umat muslim di seluruh dunia berlomba-lomba melaksanakan ibadah haji.

Di samping sebagai ibadah wajib bagi yang mampu, pergi haji juga memiliki banyak manfaat pribadi, sosial, pendidikan, moral dan ekonomi.

Lalu, mengapa orang yang mampu sebaiknya melaksanakan ibadah haji? Berikut adalah beberapa alasan untuk menunaikan ibadah haji!

Hukum Haji Wajib bagi yang Mampu

Mampu di sini berari mampu secara fisik, mental, maupun ekonomi. Jadi, jika hanya mampu saja secara ekonomi namun fisik tidak memadai, kewajiban haji menjadi gugur. Begitu pun yang lainnya, misalnya seseorang mampu secara fisik dan mental, namun belum ada rejeki untuk melaksanakan haji, maka mereka tidak diwajibkan untuk melaksanakannya. Tetapi, perlu ada usaha untuk memampukan diri, seperti menabung dan kerja keras.

Haji adalah Salah Satu dari Lima Rukun

Sebagai umat muslim, sudah sepatutnya untuk menjalankan rukun-rukun Islam demi sempurnanya ibadah. Salah satu rukun Islam adalah pergi haji.

Jadi, jika seseorang pergi haji, maka mereka sudah menunaikan semua rukun Islam. Tetapi bagi mereka yang belum, asalkan ada niat dan berusaha untuk bisa pergi ke Mekkah, maka amal ibadahnya itu sudah tercatat sebagai satu pahala yang mulia di sisi Allah SWT.

Sekedar mengingatkan, rukun Islam ada 5, yaitu:

  • Membaca dua kalimat Syahadat
  • Sholat
  • Puasa
  • Zakat
  • Naik Haji bila mampu

Haji Menjadi Pembeda Umat Muslim dari yang Lain

Hanya umat Islam yang pergi Haji ke Baitullah dan melaksanakan rangkaian ibadah Haji. Itulah yang menjadi pembeda Islam dengan Agama lainnya.

Haji Merupakan Salah Satu Amalan yang Mulia

Berhaji memiliki keutamaan tersendiri, salah satunya yaitu mendapat pahala yang besar, dan menjadi salah satu amalan yang mulia bila dikerjakan.

Terdapat beberapa riwayat yang membahas tentang imbalan bagi yang melaksanakan ibadah haji.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya, “Amalan apa yang paling afdhol?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.” Ada yang bertanya lagi, “Kemudian apa lagi?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Jihad di jalan Allah.” Ada yang bertanya kembali, “Kemudian apa lagi?” “Haji mabrur”, jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

(HR. Bukhari no. 1519)

Pergi Haji dapat Menghapus Dosa

Alasan lainnya mengapa seorang Muslim sebaiknya menunaikan haji adalah karena ibadah ini dapat menghapus dosa.

Dalam sebuah riwayat menyatakan:

Barangsiapa menunaikan ibadah haji lalu dia tidak melakukan rafats (perkataan atau perbuatan yang tidak seronok) dan tidak melakukan perbuatan fasiq, maka dia kembali (suci) sebagaimana hari dilahirkan oleh ibunya.

(HR. Al-Bukhâri dan Muslim)

Mengingat imbalan besar yang diterima bila seseorang berhaji, termasuk dapat menghapus dosa ini, maka sebaiknya tunaikanlah haji bila mampu.

Itulah beberapa alasan mengapa sebaiknya umat muslim menunaikan ibadah haji. Tentunya beberapa poin di atas hanyalah sebagian dari keutaman-keutaman ibadah mulia ini. Jika Anda ingin berangkat ke Mekkah, maka Anda bisa mengikuti program Haji Furoda 2023 demi kenyamanan ibadah suci Anda.

Alasan Pentingnya Menunaikan Ibadah Haji