Ayurveda: Pengobatan Tradisional Tertua di India

Ayurveda

Ayurverda: Pengobatan Tradisional Tertua di India merupakan pengobatan tradisional yang berasal dari India. Pengobatan kuno ini sudah ada lebih dari 3000 tahun.

Kata sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang memiliki dua kalimat, yaitu Ayur berarti hidup dan verda adalah ilmu pengetahuan.

Ayurveda sendiri terjadi berdasarkan konsep keseimbangan. Apabila terjadi suatu , maka adanya ketidakseimbangan di dalam tubuh seperti stres dan hal lainnya.

Inti dari metode pengobatan ini adalah menggabungkan antara gaya hidup sehat dan pengobatan tradisional. Tujuannya untuk mengembalikan keseimbangan antara tubuh, pikiran, hati dan lingkungan.

Dalam prakteknya, hal yang pertama kali dilakukan adalah dengan menyucikan diri. Lalu, berlanjut dengan mengubah gaya makan sehat khusus Ayurveda (Ayurveda ), di mana harus mengonsumsi herbal-herbalan, terapi pijat dan .

Dalam teorinya, masing-masing manusia terdiri dari lima dasar elemen yaitu udara, air, api, bumi dan langit. Dari kelima elemen itu kemudian menjadi satu menjadi energi yang terkumpul di dalam tubuh yang disebut dengan doshas.

Di dalam doshas memiliki bagiannya masing-masing yaitu, Vata, Kapha, dan Pitta. Walaupun di dalam tubuh manusia ada yang memiliki gabungan ketiganya, tetapi biasanya ada unsur yang paling dominan.

Pada konsep Ayurveda sendiri, tingkat keseimbangan doshas yang ada di dalam tubuh manusia dapat mencerminkan bagaimana karakter manusia itu sendiri dan jenis penyakitnya.

Pada saat doshah di dalam tubuh ini tidak seimbang, maka yang muncul adalah penyakit yang mengganggu keseimbangan aliran vital di dalamnya. Hal ini pun disebut dengan Prana.

Jika gangguan ini terjadi, maka dipercaya dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan membuat sisa-sisa makanan yang ada di dalam tubuh menumpuk. Hal ini disebut dengan ama. Saat ama menumpuk maka gangguan pencernaan dan gangguan energi yang ada di dalam tubuh akan terus berlanjut.

Energi Doshas Dalam Ayurveda

Jenis energi yang terkandung di dalam tubuh ini memiliki bagian terpenting dalam konsep Ayurveda. Inilah beberapa penjelasan mengenai energi doshas:

1. Vata Dosha

Vata dosha dalam Ayurveda dipercaya merupakan energi yang paling kuat di antara yang lainnya. Fungsi dari dosha ini mengatur dari sistem fungsi yang ada di dalam tubuh dari hal mendasar hingga pembelahan sel.

Energi dosha Vata ini mampu mengatur pikiran, pernapasan, jantung, dan aliran darah hingga kemampuan untuk membuang zat sisa yang tidak terpakai di dalam usus.

Energi yang diduga dapat mengganggu keseimbangan ini adalah kebiasaan begadang, rasa takut, kesedihan dan terlalu cepat makan pada jeda waktu sebelumnya.

Jika energi yang ada di dalam tubuh ini adalah yang dominan, maka resiko yang akan didapatkan adalah asma, penyakit jantung, gangguan kecemasan, penyakit dan rematik.

2. Pitta Dosha

Energi dari Pitta Dosha ini adalah energi yang dipercaya mengatur pencernaan, metabolisme, serta beberapa hormon yang mengatur nafsu makan.

Hal-hal yang dapat mengganggu aliran energi dari Pitta Dosha ini adalah makanan pedas, asam, dan terlalu lama berada di bawah sinar matahari.

Tubuh akan mengalami kerentanan jika Pitta Dosha ini ada pada tubuh. Tubuh akan rentan terserang penyakit seperti: Penyakit Chron, jantung, tekanan darah tinggi, dan infeksi.

3. Kapha Dosha

Kapha Dosa adalah energi di dalam tubuh yang mengontrol untuk pertumbuhan otot, kekuatan tubuh dan stabilitas serta sistem imun.

Energi ini dapat terganggu jika tubuh terlalu sering mengonsumsi banyak makanan manis, terlalu banyak minum air atau garam, dan terlalu banyak tidur siang.

Orang yang memiliki aliran energi utama seperti ini biasanya dianggap lebih mudah terserang penyakit asma, kanker, diabetes, mual setelah makan dan obesitas.

Tahapan Pengobatan Ayurveda

Dalam tahapan pengobatan Ayurveda ini, biasanya diawali dengan pertanyaan seputar gaya hidup sehari-hari yang akan dilakukan oleh praktisi Ayurveda, seperti dan riwayat kesehatan secara keseluruhan. Lalu dilanjutkan dengan memeriksa 12 titik nadi di pergelangan tangan.

Pemeriksaan yang dilakukan oleh praktisi Ayurveda ini juga meliputi kondisi seperti warna lidah, bibir, , kuku, hingga mata.

Baru setelah semua selesai dilakukan, praktisi akan melihat keseimbangan Doshas di dalam tubuh pasien.

Perawatan unik akan dilakukan untuk mengembalikan keseimbangan energi di dalam tubuh, seperti yang dianjurkan, jenis olahraga, yoga dan pijat.

Pikirkan baik-baik sebelum Anda memutuskan untuk menjalani pengobatan Ayurveda ini, baik dari segi kelebihan dan kekurangannya. Karena, belum ada bukti ilmiah yang bisa menjamin keefektivitasan dari metode ini.

Ayurveda: Pengobatan Tradisional Tertua di India