3 Cara Utama dalam Melestarikan Budaya Indonesia

cara melestarikan budaya Indonesia

3 Cara Utama dalam Melestarikan punya yang sangat beragam. Keragaman adalah aset bangsa yang tak ternilai harganya. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita jaga dan lestarikan agar tidak hilang dan punah. Jangan sampai generasi kita selanjutnya tidak tahu akar budayanya sendiri.

Tidak semua negara di dunia ini punya budaya yang begitu beragam seperti Indonesia. Bayangkan saja, hampir setiap provinsi di Indonesia punya ciri khasnya masing-masing. Bahkan di lingkup yang lebih kecil, budaya bisa saja berbeda-beda, misalnya antar kabupaten.

Sayangnya banyak orang-orang sekarang tidak peduli dengan budaya daerahnya, mereka lebih memilih menerapkan kebudayaan asing dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, sebenarnya budaya asli Indonesia juga tidak kalah “keren” dengan kebudayaan asing.

Tidak masalah untuk menggunakan budaya asing, asalkan kita tidak pernah lupa dengan budaya nenek moyang kita sendiri.

Lalu bagaimana caranya agar tidak lupa? Mempelajarinya, menghayati, dan lama-kelamaan akan timbul rasa kecintaan terhadap budaya bangsa sendiri. Saat itulah, meskipun budaya asing berdatangan, kita tidak akan kehilangan jati diri dan budaya bangsa.

Berikut ini beberapa cara melestarikan budaya Indonesia. Pertama, mengenali budaya, ajarkan kepada orang lain, serta jika memungkinkan memperkenalkan budaya Indonesia ke luar negeri.

Agar lebih jelas, mari simak uraian cara melestarikan budaya Indonesia di bawah ini!

Kenali Budaya

Mengenali budaya sendiri adalah langkah awal untuk melestarikan budaya. Jika kita sudah mengenal budaya sendiri, maka pada akhirnya akan timbul kecintaan, karena kita menyadari bahwa dari budaya inilah kita berasal, terbentuk dan berkembang.

Ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan untuk mengenali budaya sendiri, yaitu sebagai berikut:

  • Mencari tahu berbagai macam informasi yang berhubungan dengan budaya sendiri, misalnya dengan membaca berbagai buku tentang budaya, surat kabar, majalah, atau artikel dari internet.
  • Mengikuti kegiatan budaya yang diadakan di lingkungan tempat tinggal, misalnya pementasan kesenian daerah.
  • Mengunjungi tempat wisata yang berhubungan dengan budaya, misalnya Kampung Budaya Sindangbarang di Bogor.
  • Mempelajari kebudayaan tertentu dalam sebuah kelompok, misalnya mempelajari tarian daerah dalam sanggar tari.
  • Mendatangi adat setempat, atau yang lebih mengetahui soal budaya untuk belajar dan kebudayaan.

Ajarkan Budaya kepada Orang Lain

Setelah mengenal budaya sendiri, kamu dapat lebih aktif melestarikan budaya dengan mengajarkannya pada orang lain agar semakin banyak orang yang mengenal budaya tersebut.

Mengenalkan budaya pada orang lain dapat dilakukan di lingkungan rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat umum. Yang terutama adalah lingkungan terdekat denganmu terlebih dahulu.

Memperkenalkan Budaya ke Luar Negeri

Melestarikan budaya juga dapat dilakukan dengan memperkenalkan budaya ke luar negeri, sehingga masyarakat dunia mengenal dan mengakui bahwa budaya tersebut milik Indonesia.

Jika diperhatikan, negara-negara lain pun demikian. Mereka gencar mengenalkan budayanya melalui berbagai media, misalnya lewat televisi, koran, radio, maupun internet.

Kita pun sebagai anak bangsa seharusnya melakukan hal yang sama. Memperkenalkan budaya Indonesia di kancah internasional. Jangan kita terus yang terbawa oleh budaya mereka.

Memang tidak semua orang berkesempatan melakukan cara melestarikan budaya Indonesia ini, tapi jika suatu saat datang kesempatan itu, maka banggalah menggunakan produk budaya Indonesia.

Cara yang dapat dilakukan adalah mengenakan produk budaya lokal di luar negeri, seperti memakai baju batik dan aktif lakukan pementasan budaya di luar negeri.

Baca: Mata Pencaharian Penduduk Daerah Pantai, Aliran Sungai, Dataran Rendah, dan Dataran Tinggi

Nah, itu tadi penjelasan bagaimana cara melestarikan budaya Indonesia. Ada tiga poin penting yang perlu kamu ingat, mengenali, mengajarkan, dan memperkenalkan budaya kita ke luar negeri.

3 Cara Utama dalam Melestarikan Budaya Indonesia