free stats

Cara Memisahkan Gambar di CorelDRAW

Cara Memisahkan Gambar di CorelDRAW

Memisahkan di adalah sebuah perangkat lunak grafis yang dikembangkan oleh Corel Corporation. Perangkat lunak ini biasanya digunakan untuk membuat ilustrasi vektor, layout, desain logo, dan banyak lagi.

Software ini menyediakan berbagai alat dan fitur yang membantu Anda mengedit dan membuat desain dengan mudah. Selain itu, CorelDRAW juga memiliki integrasi yang baik dengan perangkat lunak desain lainnya seperti Adobe Illustrator dan Photoshop.

CorelDRAW tersedia dalam versi Windows dan MacOS dan dapat Anda gunakan untuk berbagai proyek desain, mulai dari desain sederhana hingga proyek desain yang lebih kompleks. Perangkat lunak ini sering digunakan oleh desainer grafis, ilustrator, dan profesional desain lainnya.

Kali ini kita akan bahas tuorial tentang memisahkan di CorelDRAW. Simak tutorialnya di bawah ini!

Cara Memisahkan Gambar di CorelDRAW

Untuk cara memisahkan gambar di CorelDRAW, Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut:

Gunakan Outline Tool: Pilih Outline Tool dari toolbar, kemudian klik dan tarik di sekitar bagian gambar yang ingin dipisahkan. Setelah itu, tekan tombol Enter atau pilih Object > Break Apart dari menu.

  • Gunakan Knife Tool: Pilih Knife Tool dari toolbar, kemudian klik dan tarik di sekitar bagian gambar yang ingin dipisahkan. Ini akan memotong gambar menjadi beberapa bagian yang terpisah.
  • Gunakan Magic Wand Tool: Pilih Magic Wand Tool dari toolbar, kemudian klik pada bagian gambar yang ingin dipisahkan. Ini akan memilih bagian gambar tersebut secara otomatis. Kemudian pilih Object > Break Apart dari menu untuk memisahkannya.
  • Gunakan Freehand Tool: Pilih Freehand Tool dari toolbar, kemudian gambar garis di sekitar bagian gambar yang ingin dipisahkan. Kemudian pilih Object > Break Apart dari menu untuk memisahkannya.

Semua cara memisahkan gambar corel di atas akan memisahkan gambar menjadi beberapa bagian yang terpisah, dan dapat Anda pindah-pindahkan atau edit secara terpisah.

Cara Memisahkan Gambar dengan Background di CorelDRAW

Untuk memisahkan gambar dari latar belakang di CorelDRAW, Anda dapat menggunakan alat-alat pemisahan yang tersedia di program tersebut. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Buka gambar yang ingin Anda pisahkan dari latar belakang di CorelDRAW.
  2. Pilih alat “Lasso” atau “Marquee” dari toolbar. Ini akan memungkinkan Anda untuk menentukan bagian gambar yang ingin Anda pisahkan.
  3. Klik dan seret untuk menentukan bagian gambar yang ingin Anda pisahkan. Pastikan untuk menutupi seluruh bagian gambar yang ingin Anda pisahkan.
  4. Klik tombol “Copy” di toolbar atau gunakan keyboard shortcut “Ctrl + C” untuk menyalin bagian gambar yang telah Anda pilih.
  5. Buka file baru di CorelDRAW dan paste bagian gambar yang telah Anda salin ke dalam file baru tersebut dengan menggunakan tombol “Paste” di toolbar atau dengan menggunakan keyboard shortcut “Ctrl + V”.
  6. Gambar yang telah dipisahkan dari latar belakang sekarang terpisah dari file asli dan dapat Anda edit sesuai kebutuhan.

Catatan: Jika gambar yang Anda pisahkan memiliki latar belakang transparan, Anda dapat mengabaikan langkah nomor 5 dan langsung menyimpan gambar yang telah dipisahkan di file baru dengan menggunakan format file yang mendukung transparansi, seperti PNG atau GIF.

Cara Memisahkan Huruf di CorelDRAW

Di samping cara memisahkan gambar di CorelDRAW seperti di atas, Anda juga bisa memisahkan huruf.

Untuk memisahkan huruf di CorelDRAW, Anda bisa menggunakan fitur “Explode Text to Curves”. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka dokumen CorelDRAW yang akan Anda gunakan.
  2. Pilih teks yang ingin Anda pecah menjadi huruf-hurufnya. Anda bisa menggunakan tool “Pick” atau “Selection” untuk memilih teks tersebut.
  3. Buka menu “Arrange” dan pilih opsi “Explode Text to Curves”.
  4. Setelah itu, teks yang Anda pilih akan terpecah menjadi beberapa objek curve yang masing-masing merupakan satu huruf dari teks tersebut.

Sekarang Anda bisa mengubah bentuk atau ukuran masing-masing huruf sesuai keinginan Anda dengan menggunakan tool “Shape” atau “Freeform”. Anda juga bisa memindahkan posisi masing-masing huruf dengan menggunakan tool “Move” atau dengan menggeser objek curve tersebut dengan mouse.

Cara Memotong Gambar di Corel Sesuai Bentuk

Masih berkaitan dengan cara memisahkan gambar di corel, yaitu bagaimana memotong gambar atau objek sesuai bentuk.

Untuk memotong gambar di CorelDRAW sesuai bentuk, Anda bisa menggunakan fitur “PowerClip”. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka dokumen CorelDRAW yang akan Anda gunakan.
  2. Pilih gambar yang ingin Anda potong. Anda bisa menggunakan tool “Pick” atau “Selection” untuk memilih gambar tersebut.
  3. Buka menu “PowerClip” dan pilih opsi “Place Inside Frame”.
  4. Kemudian, pilih bentuk yang akan menjadi bagian dari gambar tersebut. Anda bisa menggunakan tool “Shape” atau “Freeform” untuk membuat bentuk tersebut.
  5. Setelah itu, gambar yang Anda pilih akan terpotong sesuai dengan bentuk yang telah Anda buat.

Untuk mengeluarkan gambar dari bentuk tersebut, Anda bisa menggunakan fitur “PowerClip” dengan opsi “Release”.

Cara Mengambil Objek Gambar di CorelDraw

Untuk mengambil objek gambar di CorelDRAW, Anda bisa menggunakan salah satu dari beberapa cara berikut:

  1. Klik kanan objek gambar yang ingin Anda ambil, lalu pilih “Pick up object”.
  2. Klik kanan objek gambar yang ingin Anda ambil, lalu pilih “Cut”. Kemudian, pilih tempat yang ingin Anda letakkan objek tersebut, lalu klik kanan lagi dan pilih “Paste”.
  3. Gunakan “Pick Tool” yang terdapat di toolbar di bagian atas layar. Klik objek gambar yang ingin Anda ambil, lalu seret ke tempat yang ingin Anda letakkan objek tersebut.

Setelah Anda mengambil objek gambar, Anda juga bisa memindahkannya ke tempat lain dengan cara yang sama. Jika Anda ingin menyalin objek gambar tersebut ke tempat lain, Anda bisa menggunakan “Copy” dan “Paste” seperti yang telah disebutkan di atas.

Nah, di atas merupakan cara memisahkan gambar di CorelDraw, serta tutorial-tutorial lainnya sebagai pendukung. Semoga membantu!

Cara Memisahkan Gambar di CorelDRAW