5 Cara Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Aktif & Produktif

5 Cara Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Aktif & Produktif

5 Menjadi yang Aktif & – Kebanyakan ibu yang juga menjadi wanita karir beranggapan bahwa dia bisa mengatur segalanya.

Mulai dari urusan rumah tangga, sampai segala urusan yang berhubungan dengan kantor. Tak heran mereka akhirnya sering disebut supermom.

Padahal, menjadi supermom sebenarnya sangat tidak menyenangkan. Sebab, jika dilakukan terus-menerus, maka takutnya si Ibu akan mengalami tekanan yang berat. Begitu pula berakibat pada kondisi kejiwaan sang ibu.

Bayangkan saja, ia harus mengurus , mengurus suami, sekaligus kerjaan di kantornya. Beban yang sangat berat bukan?

Sepertinya tidak ada yang mau menjadi wanita super yang mesti mengerjakan banyak hal sekaligus. Tapi, karena satu dan lain hal, akhirnya sang Ibu terpaksa harus jadi supermom untuk keluarganya.

Lalu, apa yang harus para ibu lakukan supaya tetap enjoy menjadi supermom? Berikut beberapa menjadi yang aktif dan produktif.

1. Berbagi Tugas Dengan

Cara menjadi ibu rumah tangga yang produktif pertama yang perlu Anda lakukan, adalah dengan berbagi tugas.

Jika Anda merasa membutuhkan bantuan, jangan ragu untuk meminta pasangan membantu Anda. Karena, dia juga punya tanggung jawab yang sama dengan Anda untuk urusan rumah tangga. Tentunya hal ini akan meringankan pekerjaan supermom.

Menjadi wanita aktif dan produktif itu bukan berarti tidak butuh bantuan lho moms! Tetap saja ia butuh support pasangan saat ada urusan yang berhubungan dengan Rumah Tangga.

2. Minta Dukungan

Meski saat ini sudah banyak instansi yang memberikan layanan penitipan anak, namun tidak semua ibu menginginkan anaknya ikut serta. Maka, alangkah baiknya jika bagi seorang Ibu yang bekerja memiliki alternatif lain untuk menunjang aktivitasnya.

Misalnya, minta bantuan kepada orang tua atau saudara untuk mengasuh anak saat Anda bekerja. Tentunya hal ini akan membantu mengurangi kecemasan Anda.

3. Merekrut Asisten Rumah Tangga

Jika moms berpikir cara menjadi ibu rumah tangga yang produktif ialah dengan mengerjakan semua hal sendirian, itu tidaklah tepat!

Urusan rumah tangga tidak selalu harus dikerjakan sendiri. Oleh karena itu, tidak ada salahnya merekrut seseorang yang bisa membantu Anda dalam menangani urusan rumah tangga, seperti menjaga atau membersihkan rumah.

Nah, dengan begitu, Anda bisa mengerjakan hal lain yang sifatnya lebih produktif. Mungkin kerja sampingan, atau mengelola bisnis tertentu.

4. Me Time

Hanya karena Anda seorang ibu yang aktif dan produktif, bukan berarti Anda lupa memanjakan diri. Luangkanlah waktu untuk “Me time” sebisa mungkin.

Lakukanlah apa yang Anda suka, seperti menjalani hobi, menghabiskan waktu di salon, kongkow sama teman-teman, atau hal apapun yang membuat Anda bahagia.

Tapi ingat, waktu me time Anda harus tetap terkontrol, karena Anda masih punya tanggung jawab yang tak bisa ditinggalkan.

5. Tidak Mencampurkan Urusan Pekerjaan dengan

Cara menjadi ibu rumah tangga yang produktif terakhir, yaitu selalu membagi waktu dan memposisikan diri antara saat ia dalam pekerjaan, dan ketika ia sedang menangani urusan keluarga.

Banyak ibu pekerja yang sering membawa pekerjaannya ke rumah, memang dalam rangka mengerjakan sesuatu yang produktif. Namun sebenarnya hal ini kurang begitu baik. Selain pekerjaan Anda menjadi tidak maksimal, di saat yang sama Anda juga tidak bisa memberikan waktu yang berkualitas pada anak dan suami Anda.

Tetapi jika keadaan benar-benar mendesak bagi Anda untuk membawa kerjaan ke rumah, it’s ok! Asalkan Anda beri pengertian yang baik bagi keluarga Anda.

Itulah beberapa cara menjadi ibu rumah tangga yang aktif dan produktif agar lebih enjoy dalam menjalaninya. Ingat, menjadi supermom adalah pekerjaan yang berat, tapi bukan berarti tidak mungkin!

5 Cara Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Aktif & Produktif