Contoh Teks MC Pembawa Acara Peringatan Nuzulul Quran

Contoh Teks MC Pembawa Acara Peringatan Nuzulul Quran

Pembawa Acara Peringatan adalah prosesi turunnya kitab suci ke muka Bumi. Tepatnya pada tanggal ke-17 bulan Ramadhan. Pada hari inilah umat muslim kerap memperingatinya dengan berbagai acara keagamaan. Baik itu di Masjid, maupun lingkungan sekitar.

Nah, jika Anda kebetulan ditunjuk sebagai MC atau pembawa acara Nuzulul Quran, Anda bisa mencontoh peringatan Nuzulul Quran di bawah ini.

Pembukaan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

(Pilih muqaddimah yang Anda sukai)

Kepada ustadz… (sebut nama ustadz) selaku tokoh agama yang kami muliakan. Kepada bapak… (sebut nama tokoh masyarakat) selaku tokoh masyarakat yang kami hormati, dan kepada para hadirin yang dimuliakan Allah.

Sudah menjadi keharusan dan kewajiban bagi seorang hamba yang beriman untuk selalu bersyukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan karunia dan hidayah-Nya kepada kita semua.

Dan tak lupa semoga shalawat beserta salam tetap tercurah kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa kita pada jalan yang terang benderang penuh dengan ilmu dan pengetahuan.

Berdirinya saya di sini sebagai pembawa acara pada peringatan Nuzulul Qur’an. Adapun susunan acara pada peringatan Nuzulul Quran adalah sebagai berikut:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan kalam Ilahi
  3. Sambutan
  4. Ceramah agama
  5. Penutup dan Do’a

Baiklah untuk menghemat waktu marilah kita buka acara ini dengan membaca basmalah bersama-sama. (Bismillahirrahmanirrahim)

Pembacaan Kalam Ilahi

Meningkat pada acara selanjutnya adalah pembacaan kalam Ilahi yang akan dibacakan oleh saudara kita… (sebut nama pembaca kalam Ilahi). Kepadanya kami persilahkan.

(Seusai pembacaan kalam Ilahi)

Terima kasih kepada saudara kita… (sebut nama pembaca kalam Ilahi). Semoga yang membaca maupun yang mendengarkannya mendapat barokah dari Allah SWT. Aamiin.

Sambutan-sambutan

Acara yang ketiga adalah sambutan ketua panitia penyelenggara peringatan Nuzulul Qur’an. Dalam hal ini akan disarnpaikan oleh saudara… (sebut nama yang memberi sambutan). Kepadanya dipersilahkan.

(Setelah sambutan selesai)

Terima kasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan kepada saudara (sebut nama yang memberi sambutan) yang telah bekerja keras demi terselenggaranya acara ini. Semoga pengorbanannya dihitung sebagai amal ibadah oleh Allah SWT.

Ceramah Agama

Hadirin yang dimuliakan Allah SWT. Selanjutnya kita akan mendengarkan ceramah agama yang akan disampaikan oleh ustadz… (sebut nama ustadz yang memberi ceramah). Kepadanya kami persilahkan.

Catatan: Diharapkan MC Nuzulul Quran menyimak apa yang disampaikan oleh penceramah, sehingga bisa memberikan kesimpulan.

(Setelah ceramah selesai)

Terima kasih kepada ustadz (sebut nama ustadz yang memberi ceramah). Kami haturkan banyak terima kasih yang telah mengulas panjang lebar mengenai… (Isi ceramah). Semoga apa yang disampaikannya dapat menentramkan hati kita sernua. Aamiin.

Penutup dan Doa

Bapak-bapak dan ibu-ibu hadirin yang kami muliakan. Agar acara kita pada peringatan Nuzulul Quran ini mendapat ridho dari Allah SWT, marilah kita merenung sebentar seraya berdoa untuk kebaikan kita semua.

Adapun doa akan dibacakan oleh ustadz… (sebut nama pembaca doa). Kepadanya dipersilahkan.

(Setelah pembacaan doa)

Aamiin Yaa Rabbal Alamiin… Kepada ustadz… (sebut nama pembaca doa) kami haturkan banyak terima kasih, semoga apa yang kita harapkan dapat terkabulkan.

Hadirin yang mulia, tibalah saatnya kita pada penghujung acara peringatan Nuzulul Quran pada… (keterangan waktu). Kami selaku MC/Pembawa acara Nuzulul Quran memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada ucap, maupun perbuatan Kami yang kurang berkenan.

Wallahul muwaffiq ila aqwamit-thariq. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Silahkan Anda teks MC atau pembawa acara Nuzulul Quran di atas. Jangan lupa, ubah seperlunya sesuai dengan keadaan acara di lapangan.

Contoh Teks MC Pembawa Acara Peringatan Nuzulul Quran