Kenali Ikan Black Ghost dan Bagaimana Cara Memeliharanya

Ikan-Black-Ghost

Kenali dan Bagaimana Cara Memeliharanya – Jika Anda belum kenal ikan hitam yang terlihat sangar ini, perkenalkan namanya ikan “black ghost”.

Sebenarnya itu bukan nama aslinya, cuma sebutannya saja. Sedangkan nama asli ini adalah Apteronotus Albifrons. Ada juga yang menjulukinya ikan bulu ayam, karena memang mirip bulu ayam.

Ikan pemalu ini berasal dari perairan-perairan di Amerika Selatan, seperti di Venezuela, Brazil dan daerah yang sepanjang sungai amazon lainnya.

Namun karena keunikan fisiknya, ikan black ghost sudah banyak yang membudidayakan di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Selain karena bentuk fisiknya yang menarik, satu hal yang membuat ikan hias ini populer adalah karena harganya yang tak begitu mahal dan banyak yang menjual di toko ikan hias manapun.

Buat Anda yang ingin coba memelihara ikan black ghost, cobalah kenali dulu seluk-beluk ikan ini. Berikut Kami akan bahas mengenai ikan hantu ini.

Media Pemeliharaan

Di habitat alaminya, ikan black ghost mendiami perairan dengan beraneka vegetasi seperti ranting dan bebatuan.

Tentunya kalau ingin memeliharanya di akuarium, Anda juga bisa lengkapi dengan batuan dan ranting. Itu bertujuan untuk membuat nyaman si ikan nocturnal ini.

Cahaya matahari juga tak begitu menyorot, sehingga Anda bisa memberinya lampu yang tak terlalu terang.

Selain itu, karena black ghost punya karakter pemalu, alias hobi ngumpet. Batuan dan akar-akar yang Anda sediakan bisa jadi untuk tempat persembunyian ikan hantu ini.

Kalau Anda tak menyediakan tempat persembunyian, biasanya si black ghost suka nyelip di antara power head pump, tepatnya pada celah-celah tempat menempelkan pompa. Sebenarnya di mana pun ia dapat bersembunyi, selama ada celah yang pas seukuran tubuhnya.

Untuk kualitas air, sebenarnya ikan ini bukan termasuk ikan yang manja, alias ikan kuat. Tapi, tetap saja kualitas air bersih diperlukan untuk kenyamanan dan tumbuh kembang ikan.

Idealnya, air setidaknya memiliki tingkat keasaman sekitar pH 7. Suhu air antara 24 – 30 derajat Celcius. Cocok dengan suhu air negara tropis seperti Indonesia.

Ukuran akuarium juga tak usah terlalu besar, karena ikan hias ini hanya dapat tumbuh sampai 30 cm saja. Walau ada yang pernah menemukan tumbuh hingga 50 cm.

Aerator diperlukan dalam akuarium agar ikan tidak kekurangan oksigen terlarut.

Ikan black ghost

Makanan Ikan Black Ghost

Selain media untuk tinggal, Anda juga perlu mengetahui apa makanan yang tepat buat black ghost.

Pada dasarnya, ikan hantu ini adalah ikan karnivora. Sehingga ia membutuhkan protein hewani untuk pertumbuhannya.

Ada dua jenis makanan yang bisa Anda berikan, yaitu pakan alami dan buatan. Pakan alami bisa berupa cacing sutera, larva serangga, artemia dan cacing darah. Sedangkan pakan buatan bisa berupa pellet dan cacing kering.

Silahkan Anda kombinasikan kedua jenis pakan untuk keseimbangan diet ikan. Jika terlalu sering dikasih pakan alami, biasanya ikan akan malas untuk makan pellet.

Apakah ikan black ghost memakan ikan lain?

Black ghost mungkin bisa memakan ikan lain jika mereka cukup kecil atau pas dengan ukuran mulutnya. Jadi, Anda perlu sedikit berhati-hati mengenai hal ini, meskipun jarang terjadi.

Pemberian makan bisa Anda berikan dua sampai tiga kali sehari paling banyak. Berhubung black ghost adalah ikan nocturnal, berilah pakan di pagi hari dengan porsi sedikit dan malam hari agak banyak, tetapi tetap tidak berlebihan.

Karakter dan Ciri Fisik Ikan Black Ghost

Cara memelihara ikan black ghost

Ikan black ghost cenderung bertempramen damai, tak seperti tampangnya yang sangar. Ikan ini juga tidak agresif terhadap jenis lainnya. Sehingga, cocok untuk disandingkan dengan ikan apa saja, selama bukan ikan predator.

Tapi Anda perlu waspada terhadap sesama jenisnya, ikan ini bisa bersifat agresif. Jika ingin memelihara black ghost lebih dari satu ekor, maka Anda perlu menyiasatinya dengan cara memasukkan ikan ke secara bersamaan, atau gabungkan saat masih anakan. Pastikannya juga ukurannya sama besar, sehingga tak ada yang lebih dominan.

Cara berenang ikan ini juga unik, karena tak seperti ikan pada umumnya. Itu karena sirip yang terbentang sepanjang bagian perutnya. Bagian atas ikan tak memiliki sirip, jadi hanya ada di bawah dan dekat insang saja.

Bentuk tubuhnya lebih ke arah memanjang. Ekornya agak meruncing dan memiliki garis putih, mirip seperti pisau. Makanya ikan ini juga biasa disebut ikan pisau.

Ikan betina tubuhnya lebih kecil daripada jantan. Dan warnanya tidak secerah yang jantan.

Meskipun ikan ini cukup damai, namun ia bisa menghasilkan aliran listrik, walaupun dengan tegangan yang rendah.

Listrik yang ada pada tubuh black ghost berfungsi untuk mendeteksi mangsa yang berada disekitarnya. Artinya tegangan listrik pada ikan black ghost tak dapat melumpuhkan ikan lainnya.

Black ghost adalah ikan nokturnal yang berarti aktif di waktu malam. Ia menggunakan elektrolokasi untuk mencari arah.

Oleh karena itu, jika Anda pakai lampu , jangan lupa matikan saat sudah malam. Berikan kesempatan ikan hantu ini untuk beraksi.

Masa hidup ikan hias ini bisa mencapai 15 tahun, tentunya dengan perawatan yang baik.

Tank Mates yang Cocok

Anda perlu waspada terhadap sesama ikan black ghost dan jenis knifefish lainnya, kecuali jika mereka seukuran dan akuarium lumayan besar.

Ikan yang cocok seperti cichlid yang tidak terlalu agresif, jenis lele maupun tetra. Namun kalau bisa carilah jenis tetra yang berukuran agak besar, jika terlalu kecil, takutnya akan dianggap mangsa oleh black ghost.

Apteronotus albifron ini juga cocok berdampingan dengan ikan-ikan damai yang berukuran lebih besar, misalnya atau maskoki.

Kesimpulan

Karena penampilannya yang menarik dan unik, black ghost knifefish adalah ikan yang sangat populer dalam perdagangan ikan hias.

Namun, kecantikan mereka bukannya tanpa harga, karena butuh upaya ekstra untuk ikan black ghost.

Temperamen mereka adalah satu hal yang tidak menimbulkan masalah, karena pada dasarnya ikan ini cukup ramah, kecuali terhadap sejenisnya dan knifefish lainnya.

Jika ingin memelihara jenis knifefish lebih dari seekor, sebaiknya Anda siapkan akuarium yang lebih besar untuk menghindari perkelahian.

Karena mereka adalah ikan tanpa sisik, Anda juga harus ekstra hati-hati dengan apa yang Anda tempatkan di dalam akuarium. Kurangnya perlindungan inilah yang membuat mereka sangat sensitif terhadap penyakit.

Ikan black ghost adalah tambahan yang luar biasa untuk akuarium Anda dan juga merupakan ikan yang bisa dilatih. Dengan kesabaran dan waktu yang cukup, sangat mungkin untuk dapat membelai ikan ini dan memberinya makan dari telapak tangan Anda.

Nah, setelah tau tentang ikan black ghost ini, apakah Anda masih tertarik untuk memeliharanya?

Kenali Ikan Black Ghost dan Bagaimana Cara Memeliharanya