Kenali Penyakit Demam Berdarah Dengue dan Bagaimana Pencegahannya

Nyamuk Aedes aegypti demam berdarah

Kenali dan Bagaimana Pencegahannya atau yang biasa didengar dengan sebutan DBD adalah menular yang bisa menyebabkan kematian pada penderitanya dalam waktu singkat, dan sering kali menimbulkan wabah.

Ciri Demam Berdarah

Tanda atau ciri yang mucul dari demam berdarah ini antara lain yaitu:

  • Demam yang tinggi secara mendadak berkisar diatas 38oC dengan durasi 2 hingga 7 hari
  • Tidak bisa teratasi dengam maksimal dengan obat penurun panas biasa
  • Muntah, mual, nafsu makan berkurang
  • Nyeri pada persendian dan nyeri otot
  • Nyeri kepala atau pusing
  • Nyeri atau rasa terbakar pada belakang bola mata
  • kemerahan
  • Nyeri perut
  • Konstipasi

Itulah beberapa ciri atau gejala yang dapat dirasakan untuk kasus demam berdarah ini.

Penyebab Demam Berdarah

Adapun penyebab dari DBD ini adalah virus dengue yang menyebar ke manusia. Penyakit demam berdarah dengue ditularkan oleh nyamuk yang bernama Aedes aegypti.

Iklim lembab dan hangat adalah tempat yang paling disukai nyamuk ini untuk berkembang biak.

Penularan DBD

Dari penularannya melalui gigitan nyamuk tersebut, penyakit ini tidak dapat menular secara langsung dari manusia ke manusia tanpa adanya perantara nyamuk.

Penularan ini bisa dilakukan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti betina (Aedes Albopictus). Nyamuk jenis betina ini adalah yang paling dominan.

Jam-jam rawan untuk nyamuk memulai kegiatan penularan penyakit DBD adalah pada saat pagi hari hingga petang. Kondisi lembab dan hangat yang membuat nyamuk ini betah bersarang.

Mencegah DBD

Cara penyakit demam berdarah dengue dapat dilakukan dengan mudah. Yang terpenting, pastikan kondisi tempat tinggal Anda tidak lembab, kotor maupun terdapat genangan yang berpotensi untuk nyamuk Aedes aegypti berkembang biak.

Cara paling umum yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Menguras

Menguras wadah-wadah yang berpotensi menimbulkan genangan seperti bak mandi, tempayan, ember, vas bunga atau pun wadah lainnya bisa mencegah nyamuk bersarang pada genangan-genangan.

2. Menutup

Tempat bersarang dan bertelurnya jentik nyamuk ini adalah di atas genangan air yang kotor. Jika Anda memiliki beberapa wadah yang masih digunakan, sebaiknya tutup rapat-rapat agar nyamuk tidak dapat masuk dan bertelur di dalamnya.

3. Mendaur Ulang

Cara terakhir adalah dengan mendaur ulang wadah atau pun barang bekas pakai. Barang-barang tersebut bisa dijadikan kerajinan tangan ataupn hiasan pada ruangan Anda.

4. Pemantauan

Lakukan pemantauan secara berkala pada tempat-tempat yang sudah disebutkan di atas, agar terhindar dari berkembang biaknya jentik-jentik nyamuk yang dapat membahayakan nyawa ini.

Penanganan Sebelum ke Rumah Sakit

Apa yang bisa Anda lakukan jika Anda memiliki gejala seperti orang yang terserang demam berdarah?

Sebelum memutuskan untuk pergi ke rumah sakit, ada baiknya Anda tidak panik terlebih dahulu dan mencoba beberapa langkah sebagai berikut:

  • Minum air putih lebih banyak
  • Cobalah untuk menurunkan panas atau demam dengan obat penurun panas dan kompres hangat
  • Makan bergizi dan usahakan dalam kuantitas yang lebih banyak dari pada biasanya

Itulah sekilas mengenai demam berdarah dengue atau DBD, ciri-ciri, serta pencegahannya. Dengan mengetahui informasi ini secara jelas, maka Anda bisa menyelamatkan diri Anda dan keluarga dari penyakit mematikan ini!

Kenali Penyakit Demam Berdarah Dengue dan Bagaimana Pencegahannya