Komponen Pembentuk Ekosistem

Komponen Pembentuk Ekosistem

Pembentuk – Tahukah kamu apa saja pembentuk suatu ? Yuk baca dan pahami penjelasannya di bawah ini!

Lingkungan merupakan anugerah yang diberikan Tuhan kepada makhluk hidup di bumi. Lingkungan diciptakan agar semua makhluk hidup dapat hidup dan memenuhi kebutuhannya.

Komponen Biotik dan Abiotik

Lingkungan terdiri dari komponen biotik (makhluk hidup) dan komponen abiotik (benda mati).

Komponen biotik dan abiotik dalam suatu lingkungan saling berinteraksi. Interaksi yang terjadi antara komponen biotik dan abiotik dalam suatu lingkungan disebut ekosistem.

Suatu ekosistem terdiri dari individu, kelompok individu (populasi), dan komunitas.

Apa itu Individu?

Individu adalah organisme tunggal. Misalnya, tikus, kucing, pohon pisang, pohon kelapa, dan manusia.

Apa itu Populasi?

Kumpulan individu sejenis yang mendiami suatu wilayah dan waktu tertentu disebut populasi. Misalnya, populasi jerapah di padang rumput berjumlah 40 jerapah.

Apa itu Komunitas?

Berbagai populasi yang hidup pada suatu waktu dan daerah tertentu yang saling berinteraksi dan memengaruhi satu sama lain disebut komunitas. Misalnya, komunitas terumbu karang yang terbentuk dari populasi ikan, populasi ganggang, dan populasi di sekitarnya.

Interaksi dalam suatu komunitas lebih banyak dan kompleks jika dibandingkan dengan individu dan populasi. Dalam suatu komunitas, semua makhluk hidup merupakan bagian dari komunitas dan antar komponennya saling berhubungan.

Antara komunitas dan lingkungan terjadi interaksi, sehingga terbentuklah suatu ekosistem.

Komponen penyusun ekosistem adalah produsen (tumbuhan hijau), konsumen (herbivora, karnivora, dan omnivora), dan dekomposer atau pengurai (mikroorganisme).

Nah, itulah penjelasan rinci tentang komponen pembentuk ekosistem. Jika Anda tidak mengerti, Anda dapat membaca kembali dan memahami secara perlahan.

Komponen Pembentuk Ekosistem