8 Manfaat Meditasi Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat meditasi untuk kesehatan fisik dan mental

8 Untuk dan – Saat mengalami keadaan di mana tubuh Anda mengalami stress dan kecemasan, adalah terbaik untuk melepaskan penat pada tubuh Anda.

Walaupun pada prakteknya hanya melakukan duduk diam yang terlihat seperti sedang tidak melakukan apa-apa, namun pengaruh dari meditasi ini memiliki efek yang baik untuk serta .

Meditasi adalah cara untuk menciptakan keadaan tenang pada pikiran dan tubuh. Anda pun dapat melakukan meditasi di mana saja dan kapan saja tanpa perlu menggunakan alat apa pun. Suasana tenang adalah kunci dari meditasi ini.

Manfaat Meditasi untuk Fisik dan Mental

Mengapa Anda memerlukan meditasi?

Meditasi memiliki beragam manfaat positif bagi tubuh dan pikiran Anda. Berikut adalah beberapa manfaat meditasi untuk kesehatan fisik dan mental:

Berikut beberapa manfaat dari meditasi untuk kesehatan Anda:

1. Mengurangi Stress

Manfaat meditasi yang pertama, dapat mengurangi stres. Stres merupakan suatu keadaan di mana hormon dalam tubuh Anda mengalami lonjakan. Pemicunya adalah kenaikan hormon kortisol.

Disaat stress melanda, tubuh Anda akan melepaskan senyawa kimia yang bertugas sebagai perangsang peradangan yang disebut dengan sitokin.

Sitokin yang dilepaskan di dalam tubuh akan membuat tubuh mejadi tidak tenang seperti susah tidur, meningkatkan tekanan darah, depresi dan kecemasan. Akibatnya, Anda akan mengalami stres.

2. Melawan Depresi

Stres yang berkepanjangan akan berdampak pada kondisi yang lebih buruk, yaitu depresi. Meditasi dapat menjadi salah satu terapi untuk melawan depresi, dengan menciptakan ketenangan pikiran dan memberikan suasana yang nyaman bagi tubuh.

Meditasi ini dapat Anda lakukan setiap hari selama 25 sampai 30 menit, yang diikuti dengan latihan aerobik selama 30 menit.

Kegiatan ini jika dilakukan secara konsisten akan meredakan gejala depresi. Manfaat lain dari meditasi yang akan Anda dapatkan seperti lebih mudah menyelesaikan masalah dan mudah mengendalikan diri agar tidak gampang cemas.

3. Mengontrol Rasa Cemas

Beberapa orang dapat merasakan rasa cemas yang berlebihan, bahkan pada kondisi yang lebih parah dapat mengganggu aktivitasnya.

Sebuah penelitian dilakukan dengan melibatkan 2.400 peserta yang mencoba praktek meditasi dengan cara yang berbeda-beda. Hasilnya, orang yang melakukan praktek meditasi dengan Yoga mampu mencegah rasa cemas yang berlebihan dan dapat dikendalikan dengan baik.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat meditasi selanjutnya, dapat meningkatkan kualitas tidur. Sangat baik untuk yang sulit tidur.

Stres, depresi dan rasa cemas berlebihan dapat membuat kualitas tidur Anda menurun. Kondisi mental yang buruk lalu ditambah dengan kondisi tubuh yang minim istirahat akan menjadikan tubuh dalam kondisi yang makin buruk.

Walaupun gangguan ini dapat diatasi dengan obat tidur atau anti depresan, penggunaan pil acap kali menyebabkan efek samping yang tidak baik untuk tubuh.

Untuk itu, meditasi merupakan cara yang paling ampuh dan aman untuk dilakukan agar pikiran dan tubuh Anda kembali tenang.

Seseorang yang melakukan riset ini pun berpendapat bahwa orang yang melakukan meditasi dapat menenangkan pikiran.

Hal ini juga membantu dalam pelepasan ketegangan dan menjadikan Andal lebih rileks, sehingga Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

5. Meningkatkan Sistem Imun

Apakah Anda sering mengalami demam seperti kepala pusing, flu, batuk dan pilek? Jika iya, tandanya Anda harus meningkatkan sistem imun tubuh Anda.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh ialah dengan bermeditasi.

Sebanyak 149 pria dan wanita diamati dengan usia rata-rata 59 tahun. Kemudian dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok satu dengan cara mengikuti program meditasi, kedua berolahraga dan yang ketiga tidak melakukan apa-apa.

Setelah 8 minggu, orang dalam kelompok meditasi dan berolahraga mengalami flu sebanyak 26 kali, sedangkan kelompok yang tidak melakukan apa-apa terserang lebih dari 27 kali.

Kesimpulannya, orang yang rutin melakukan meditasi dan olahraga, memiliki tingkat imunitas yang baik, ketimbang orang yang tidak.

6. Melawan Kecanduan

Sikap konsisten yang diterapkan dalam bermeditasi dapat mengontrol keinginan atau kecanduan seseorang.

Seseorang yang memiliki kencanduan seperti alkohol akan dapat dikontrol dengan cara bermeditasi.

Meditasi ini juga dapat membuat pecandu alkohol lebih mudah untuk belajar mengalihkan kegiatan disaat dorongan untuk memenuhi candunya mulai muncul.

Mereka pun akan lebih memahami cara terbaik untuk menyelesaikan dorongan yang datang ini untuk mengendalikan emosi dan perilakunya.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi yang terjadi akan membuat jantung bekerja lebih berat untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Hal ini dapat menyebabkan kondisi jantung semakin buruk yang dapat menyebabkan resiko penyempitan arteri jantung, serangan jantung dan stroke lebih besar.

Meditasi pun dapat dilakukan untuk lepeasan ketegangan yang baik untuk kondisi jantung Anda, sehingga tekanan darah menurun.

Disaat tubuh melepaskan ketegangan di dalam tubuh, maka sistem syaraf akan mengkordinasikan fungsi jantung tersebut, serta ketegangan pada pembuluh darah lebih terkontrol.

8. Memperkuat Daya Ingat

Manfaat meditasi yang terakhir, yaitu dapat memperkuat daya ingat.

Seiring bertambahnya usia seseorang, maka daya ingat pun akan menurun. Meditasi yang digabungkan antara nyanyian dan tarian akan membantu seseorang dalam mengatasi penurunan daya ingat ini.

Penelitian mengatakan bahwa meditasi dapat meningkatkan perhatian, daya ingat dan konsentrasi pada lansia.

Manfaat lain yang dipercaya adalah membantu mengendalikan stres, mengurangi rasa kesepian dan meningkatkan fungsi otak bagi para lansia.

Itulah beberapa manfaat meditasi untuk kesehatan fisik dan mental yang perlu Anda ketahui.

Untuk kebutuhan air panas pada tempat tinggal Anda, pastikan pilihan Anda adalah Water Heater Handal by Solahart. Solusi Handal untuk kebutuhan air panas Anda dengan harga bersahabat.

8 Manfaat Meditasi Untuk Kesehatan Fisik dan Mental