Mengenal Benda Tiga Dimensi: Ciri-ciri, Jenis dan Tahapan Membuat Gambar

Benda tiga dimensi

Mengenal : , Jenis dan Tahapan Membuat Gambar – Gambar adalah karya rupa dua dimensi. Karya dua dImensi merupakan karya rupa yang memiliki ukuran panjang dan lebar. Objek gambar dapat berupa benda-benda tiga dimensi.

benda tiga dimensi adalah benda yang memiliki panjang, lebar, tinggl, serta volume. Unsur volume inilah yang menjadi pembeda antara benda dua dirnensl dan benda tIga dimensi.

benda tiga dimensi misalnya tempat pensil, kursi, meja, dan vas bunga.

Benda Tiga Dimensi

Berdasarkan benda tiga dimensi di atas, berikut ini adalah ciri-ciri benda tiga dimensi.

  1. Mempunyal panjang, lebar, dan linggi.
  2. Dapat dinikmati keindahannya dari sudut pandang mana pun.
  3. Memlllkl volume.

Objek gambar yang berupa benda tlga dimensi dapat terlihat bentuk tiga dimensinya.

Gambar berbentuk tlga dimensi merupakan hasil karya dua dimensi yang menerapkan konsep proporsi, komposisi dan gelap terang, sehingga gambar yang dihasilkan tampak berbentuk tiga dimensi.

Sebenarnya gambar yang berbentuk tiga dimensi hanya mempunyai panjang dan lebar saja, tetapi jika dilihat dengan sudut pandang tertentu gambar akan terlihat tiga dimensl, yaitu memiliki panjang, lebar dan kedalaman atau ketebalan.

Tampilan gambar berbentuk tiga dimensi dihasilkan dengan mengarsir bagian-bagian tertentu dari benda, sehingga tampak leblh gelap. Bagian gelap menunjukkan ketebalan atau kedalaman benda. Arsiran juga dapat rnenunjukkan bayangan benda.

Jenis Benda Tiga Dimensi

Ditinjau dari jenis bendanya, ada tiga jenis benda yang biasa dituangkan dalam gambar tiga dimensi. Tiga jenis benda yang dimaksud sebagai berikut:

  1. Benda kubistis, yaitu benda-benda yang berbentuk menyerupai kubus atau balok. Contohnya kotak pensil, kotak tisu, meja, lemari, bak sampah, dan kulkas.
  2. Benda silindris, yaitu benda-benda yang berbentuk menyerupai silinder (elips).Contohnya botol, gelas, piring, mangkuk, teko, dan guci.
  3. Benda bebas, yaitu benda-benda yang bentuknya tidak beraturan. Contohnya buah-buahan, pepohonan, batu-batuan, dan benda lainnya.

Tahapan Membuat Gambar Tiga Dimensi

Menggambar tiga dimensi dapat dimulai dengan membuat sketsa terlebih dahulu. Perhatikan komposisi, proporsi, dan keseimbangan bentuk benda ketika menggambar sketsa benda.

Beberapa tahapan yang harus dilakukan pada saat menggambar sebagai berikut:

  • Mengetahui bentuk dasar dari objek yang akan digambar.
  • Mengetahui bagian-bagian dari objek gambar.
  • Menyusun atau menyambung bagian per bagian menjadi gambar yang utuh.
  • Memberikan dimensi gelap terang baik hitam putih atau berwarna.

Nah, itu tadi adalah ciri-ciri benda tiga dimensi, jenis dan tahapan dalam pembuatan gambar. Semoga mudah dipahami!

Mengenal Benda Tiga Dimensi: Ciri-ciri, Jenis dan Tahapan Membuat Gambar