Mengenal Tanaman Kelapa dan Kopi

Mengenal dan Kopi – Tanaman satu dengan yang lain berbeda-beda tipe dan media tanamnya. Ada yang cocok di suhu panas, ada juga yang cocok pada suhu dingin.

Lingkungan dengan dataran rendah dan tinggi memiliki perbedaan, dan tidak semua tanaman dapat ditanami di semua tempat tersebut.

Berikut ini adalah dari beberapa tanaman dengan lingkungan yang ideal:

Tanaman Kelapa

Tanaman jenis ini termasuk kedalam jenis palem-paleman yang memiliki karakteristik yang sama dengan tanaman sagu.

Kelapa dapat tumbuh di dataran rendah dengan optimal pada ketinggian 0-450 mdpl (meter di bawah permukaan laut).

Di dataran tinggi, pohon kelapa ini akan mengalami keterlambatan dalam menghasilkan buah, dengan produksi yang sedikit, serta kadar minyak yang rendah.

Dalam penyerbukan bunga ini pun dibantu oleh angin. Sedangkan lama penyinaran yang optimum berkisar 120 jam per bulan. Matahari berfungsi sebagai untuk berfotosintesis.

Kelapa dapat tumbuh dengan baik pada suhu 20-27 derajat Celcius dan sangat peka dengan suhu rendah. Penguapan tinggi akan terjadi jika kelembapan udara terlalu rendah. Alhasil, tanaman akan kering dan buah jatuh lebih awal. Tetapi jika kelembapan udara terlalu tinggi, penyakit pada tanaman ini pun dapat terjadi.

Untuk tanah yang baik bagi pohon kelapa adalah endapan aluvial. Pohon kelapa membutuhkan tanah yang datar, dan tidak miring.

Tanaman Kopi

merupakan tanaman yang memiliki karakteristik yang kuat dan kaku.

Berbeda dengan tanaman kelapa yang harus hidup di dataran rendah, kopi harus ditanam pada dataran yang lebih tinggi dengan udara yang sejuk.

Tanaman kopi robusta dapat hidup dengan baik dengan tinggi dataran berkisar antara 400-700 mdpl. Sedangkan pada jenis kopi arabika tumbuh ideal pada ketinggian 700-1.100 mdpl. Selain itu, hujan merupakan salah satu faktor yang penting.

Tanaman kopi pun tidak membutuhkan matahari dalam jumlah yang banyak, tetapi hanya butuh sinar matahari yang datang dengan teratur.

matahari dapat merusak dan membuat penguapan pada tanah dan daun. Jika matahari yang datang cukup banyak akan merangsang pertumbuhan kuncup bunga. Hal ini akan mengakibatkan terlalu banyaknya kuncup bunga yang muncul melebihi kemampuan tanaman itu sendiri. Itu akan menyebabkan gagalnya beberapa kuncup bunga menjadi buah dan rendahnya mutu buah itu sendiri. Karena itu, pohon kopi membutuhkan pohon penaung agar sinar matahari tidak tembus secara langsung.

Angin memiliki peran penting dalam penyerbukan pohon kopi. Namun, angin yang terlalu kencang juga dapat menggugurkan tajuk tanaman atau merusak bunga kopi. Angin yang berhembus pada musim kemarau pun dapat mempercepat proses penguapan pada daun pohon kopi dan tanah, sehingga menyebabkan kekeringan.

Secara umum, tanaman kopi memerlukan tanah yang subur dan kaya akan nutrisi. Oleh karena itu, pemberian pupuk pada tanaman kopi akan membantu proses mengahasilkan buah kopi. Tanaman ini cocok dengan karakter tanah yang masam.

Itulah sekilas mengenai tanaman kelapa dan tanaman kopi, serta bagaimana idealnya pohon tersebut dapat tumbuh subur. Semoga bermanfaat!

Mengenal Tanaman Kelapa dan Kopi