Pengelompokkan Karya Seni Patung Berdasarkan Wujud, Objek dan Fungsinya

Pengelompokkan Karya Seni Patung Berdasarkan Wujud, Objek dan Fungsinya

Pengelompokkan Karya Berdasarkan Wujud, Objek, dan Fungsinya – Jika kalian pergi ke suatu daerah atau suatu tempat, mungkin kalian melihat yang ada di pinggir jalan atau di tempat penting. Bisakah kalian mengenali tersebut?

Nah, pada materi kali ini kita akan membahas mengenai pengelompokkan karya patung berdasarkan wujud, objek, dan fungsinya, sebagaimana yang biasa kalian lihat. Mari simak penjelasan lengkapnya!

Apa Itu Patung?

Patung adalah yang menyerupai bentuk manusia, , atau bentuk lainnya yang dibuat untuk tujuan keindahan. Orang yang membuat patung disebut pematung.

Patung merupakan karya seni rupa tiga dimensi. Artinya, patung memiliki ruang dan volume sehingga dapat dilihat dari berbagai arah.

Tujuan penciptaan patung adalah untuk menghasilkan suatu karya seni rupa yang dapat bertahan lama. Selain itu, patung juga dapat menjadi simbol suatu daerah, ataupun sebagai ikon yang mewakili suatu kelompok. Beberapa agama dan kepercayaan di dunia ini pun membuat patung sebagai sarana untuk beribadah.

Sesuai perwujudannya, patung dapat dibuat dari berbagai macam bahan, alat, dan teknik. Patung dapat dibuat dari tanah liat, gips, kayu, batu, perunggu, emas, kapur, ataupun besi. Bahan-bahan yang digunakan nantinya akan menentukan alat dan cara pembuatan patung.

Pengelompokkan Karya Seni Patung

Jenis-jenis patung dapat dikelompokkan berdasarkan wujud, objek, dan fungsinya. Perhatikan penjelasan di bawah ini!

1. Berdasarkan Wujudnya

Berdasarkan wujudnya, patung dapat dibedakan sebagai berikut:

a. Patung dada

Patung dada adalah perwujudan karya patung yang menampilkan bagian kepala hingga batas dada. Wujud patung dada biasanya menggambarkan tokoh bersejarah, seperti pahlawan atau tokoh terkenal lainnya.

b. Patung torso

Patung torso adalah perwujudan karya seni patung yang menampilkan bagian badan, dari panggul, pinggang, dada, dan sedikit bagian leher.

c. Patung utuh

Patung utuh adalah perwujudan karya seni patung yang menampilkan seluruh bagian badan dari kepala hingga kaki. Dengan kata lain, patung utuh adalah perwujudan karya patung secara lengkap.

2. Berdasarkan Objeknya

Pembuatan patung dapat menggunakan berbagai macam objek. objek yang biasa digunakan adalah manusia, , dan benda geometris. Akan tetapi, pematung juga dapat membuat patung rnenggunakan bentuk Iain sesuai dengan imajinasinya.

Berdasarkan objeknya, patung dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut:

a. Figuratif

Patung jenis figuratif merupakan karya seni patung yang dibuat dengan meniru bentuk-bentuk alami, seperti manusia, hewan, maupun tumbuhan. Bentuk ini dibuat secara utuh. Meski demikian, ada juga yang dibuat secara fragmentasi (disederhanakan) atau secara stilasi (digayakan).

b. Nonfiguratif

Patung jenis nonfiguratif merupakan karya seni patung yang dibuat tidak meniru bentuk-bentuk alami.

Bentuk nonfiguratif ini umumnya hanya menampilkan garis-garis melintang atau memanjang, lubang, lekukan, dan sebagainya. Dengan kata lain, bentuk nonfiguratif lebih bebas dan tak terikat oleh bentuk-bentuk alami.

3. Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya, patung dapat dibedakan menjadi enam jenis, yaitu sebagai berikut:

a. Patung religi

Patung religi dibuat dengan tujuan sebagai sarana beribadah. Untuk sebagian urnat beragama, patung tersebut memiliki makna religius.

b. Patung monumen

Patung monumen dibuat untuk memperingati atau mengenang peristiwa dan kejadian bersejarah maupun jasa seorang pahlawan pada masa tertentu.

c. Patung arsitektur

Tujuan pembuatan patung arsitektur adalah untuk menunjang suatu konstruksi bangunan dan memiliki nilai estetika, serta keindahan.

d. Patung dekorasi

Tujuan pembuatan patung dekorasi ialah untuk menghias bangunan atau lingkungan taman.

e. Patung seni

Patung seni dibuat dengan tujuan untuk estetika dan hanya dinikmati keindahan bentuknya.

f. Patung kerajinan

Patung kerajinan dibuat untuk tujuan komersial, atau untuk dijual. Karya seni patung ini dibuat oleh para perajin.

Mungkin kalian pernah liburan ke Bali, lalu kalian melihat cinderamata berupa patung di toko oleh-oleh. Nah, itulah yang dimaksud dengan patung kerajinan.

Sekarang kalian sudah mengerti tentang pengelompokkan karya seni patung berdasarkan wujud, objek, dan fungsinya. Semoga menambah wawasan kalian!

Pengelompokkan Karya Seni Patung Berdasarkan Wujud, Objek dan Fungsinya