Pengertian Sumber Daya Alam dan Pembagiannya

Sumber Daya Alam

Pengertian dan Pembagiannya adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh manusia yang terjadi secara alamiah untuk memenuhi segala kebutuhan makhluk hidup.

Keadaan sumber daya ini memang ditujukan untuk kelangsungan hidup dan kesejahteraan umat manusia.

Manusia yang memiliki otak untuk berpikir akan mengetahui dengan baik bagaimana pengelolaan sumber daya ini, sehingga dapat digunakan dengan bijak.

Berdasarkan ketersediaannya, sumber daya alam ini dibagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu sumber daya alam yang kekal, sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Berikut ini adalah beberapa pengertian dan mengenai tiga kelompok besar sumber daya alam:

Sumber Daya Alam Kekal

Sumber daya alam ini adalah sumber daya yang tidak akan habis meskipun manfaatnya telah digunakan berkali kali. Dan sumber daya alam ini juga dapat digunakan sebanyak banyaknya.

dari atau sumber daya alam kekal ini adalah air, angin, dan matahari.

Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah yang dapat dimanfaatkan dan diusahakan kembali keberadaannya jika sudah habis dipakai. Sehingga, sumber daya ini dapat terus-menerus memberikan manfaat kepada umat manusia.

Contoh dari sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah tumbuhan dan .

Tumbuhan dan merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui dengan cara ditanam bijinya, sedangkan untuk adalah dengan cara dipelihara melalui peternakan.

Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya yang akan mengalami kehabisan energi jika dipakai terus-menerus untuk kebutuhan makhluk hidup. Energi ini memiliki jumlah yang terbatas dan tidak dapat dipulihkan keberadaannya.

Contoh dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah batu bara, minyak bumi dan barang tambang.

Untuk energi minyak bumi dan batu bara adalah hasil dari tertimbunnya makhluk hidup yang telah mati selama jutaan tahun lalu. Pembentukan energi ini pun memakan waktu yang sangat lama dan tidak bisa diperbarui keberadaannya.

Itulah beberapa informasi mengenai sumber daya yang ada di alam semesta yang dapat digunakan oleh makhluk hidup di dalamnya.

Untuk energi terbarukan yang bersumber dari matahari, Anda bisa menggunakan Handal untuk mengurangi jejak karbon pada lapizan ozon. Tentu saja, dengan energi gratis dari matahari Anda bisa mendapatkan air hangat dan listrik dengan biaya yang lebih hemat dengan Solar Photovoltaics.

Pengertian Sumber Daya Alam dan Pembagiannya