Sejarah Singkat Kerajaan Majapahit dan Isi Sumpah Palapa

Kerajaan Majapahit dan Isi Sumpah Palapa

Singkat dan Isi – Tahukah kamu ? Pernahkah kamu mendengar yang dikemukakan oleh Mahapatih Gajah Mada? Mari mengenal singkatnya!

Kerajaan Kutai dan Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan yang pernah berjaya di Nusantara. Selain dua kerajaan tersebut, Majapahit juga dikenal pernah berjaya di Nusantara.

Selain karena pernah berjaya, Majapahit juga terkenal dengan Sumpah Palapa yang diucapkan oleh Mahapatih Gajah Mada.

Berikut sejarah singkat tentang Kerajaan Majapahit dan isi Sumpah Palapa yang terkenal.

Sejarah Singkat Kerajaan Majapahit

Kerajaan Majapahit terletak di selatan Sungai Brantas, tepatnya di Kecamatan Trowulan. Pusat pemerintahannya diperkirakan di sekitar Mojokerto, Jawa Timur.

Masa kejayaan Kerajaan Majapahit yaitu pada tahun 1350 sampai 1389. Raja Majapahit pada saat itu adalah Hayam Wuruk dan mahapatihnya adalah Gajah Mada.

Pada zaman Raja Hayam Wuruk, Majapahit mencapai kejayaannya. Pada saat itu Kerajaan mempunyai tata pemerintahan yang teratur.

Kemajuan Majapahit terlihat di berbagai bidang, seperti ketatanegaraan, agama, sosial, ekonomi, dan kesenian.

Hayam Wuruk bersama Mahapatih Gajah Mada mampu menyatukan kerajaan-kerajaan di seluruh Nusantara sampai ke Semenanjung Malaka, termasuk Tumasik (Singapura).

Isi Sumpah Palapa

Dalam upaya penyatuan Nusantara, Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa. Ia bertekad ingin menyatukan Nusantara di bawah naungan Majapahit.

Isi Sumpah Palapa ini berbunyi:

Sira Gajah Mada patih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada: “Lamun huwus kalah Nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tanjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa”.

Terjemahannya:

Dia Gajah Mada Patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa. la Gajah Mada, “Jika telah mengalahkan Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa. Jika mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) melepaskan puasa.”

Pada tahun 1343, Gajah Mada berhasil menguasai Bali dibantu Adityawarman, putra Majapahit keturunan Melayu.

Selain itu Majapahit berhasil menguasai Sumatra, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, Tumasik (Singapura), dan Semenanjung Malaya.

Sepeninggal Gajah Mada pada tahun 1364 Majapahit kesulitan mencari penggantinya. Ditambah wafatnya Raja Hayam Wuruk, Kerajaan Majapahit mengalami keruntuhan.

Itulah sejarah singkat tentang Kerajaan Majapahit, serta isi Sumpah Palapa yang pernah dikemukakan oleh Mahapatih Gajah Mada. Semoga bisa menambah pengetahuan!

Sejarah Singkat Kerajaan Majapahit dan Isi Sumpah Palapa