Siklus Hidup Hewan Dengan Metamorfosis dan Tanpa Metamorfosis

Siklus Hidup Hewan

Dengan Metamorfosis dan Tanpa Metamorfosis atau daur hidup merupakan hal alamiah yang terjadi pada makhluk hidup. Contohnya adalah kupu-kupu yang memiliki daur hidup yang dimulai dari telur – ulat – kepompong – kupu-kupu. ini pun memiliki siklus daur hidup yang beragam.

Ada hewan yang terlahir dengan bentuk yang sama persis dengan induknya dan ada juga hewan yang terlahir berbeda dengan induknya dan juga mengalami perubahan bentuk.

Perubahan ini, seperti yang dialami oleh kupu-kupu secara bertahap menjadi dewasa disebut juga dengan metamorfosis.

Siklus Tanpa Metamorfosis

Ada beberapa hewan yang memang tidak memiliki daur hidup atau siklus hidup di dalam hidupnya. Golongan hewan tanpa siklus ini terjadi pada golongan mamalia, reptil, ikan dan burung.

Mamalia merupakan hewan yang memiliki kelenjar mamae yang berfungsi untuk menyusui anaknya.

Umumnya, hewan mamalia ini mendapatkan penerusnya dengan cara melahirkan ataupun beranak.

Salah satu contoh mamalia yang melahirkan adalah kucing. Anak kucing yang telah dilahirkan hanya mengalami perubahan ukuran bentuk tubuh saja. Dari anak kucing kecil menjadi kucing dewasa besar.

Reptil adalah hewan yang melata. Reptil ini memenuhi siklus hidupnya dari cara bertelur. Salah satu contoh reptil adalah ular.

Lalu ada burung, burung merupakan hewan yang memiliki bulu, beberapa dari mereka bisa terbang dan ada juga yang tidak. Salah satu contoh burung yang tidak bisa terbang adalah ayam.

Ayam menghasilkan anak dengan cara bertelur. Telur yang dikeluarkan dari induk telur akan dierami selama 21 hari dan akan menetas menjadi anak ayam yang mirip dengan induknya.

Perbedaan anak ayam dan induk ayam hanyalah pada ukuran tubuh dan bulunya. Jika anak ayam memiliki bulu yang halus, seiring berubahnya bentuk tubuh anak ayam, maka bulu-bulu halusnya pun akan mulai berubah seperti induk ayam.

Lalu ada ikan, ikan memulai daur hidupnya dengan cara bertelur dan tidak mengalami metamorfosis.

Siklus Dengan Metamorfosis

Beberapa jenis hewan yang mengalami siklus hidup dengan metamorfosis adalah sebagai berikut: Kupu-kupu, nyamuk, kecoak, katak dan capung.

Hewan tersebut baru mulai serupa dengan induknya setelah mengalami beberapa fase bentuk.

Metamorfosis sendiri adalah perkembangan pada hewan yang akan mengubah bentuk tubuh setelah kelahiran atau penetasan terjadi.

Itulah beberapa informasi mengenai siklus hidup hewan yang memiliki fase metamorfosis dan tanpa metamorfosis.

Siklus Hidup Hewan Dengan Metamorfosis dan Tanpa Metamorfosis