Sumber Daya Alam Hewan untuk Kegiatan Perekonomian

Sumber Daya Alam Hewan

Sumber Daya untuk – Seperti pada umumnya, manusia memiliki hak untuk mendapatkan dan menggunakan sumber daya yang ada di bumi, salah satunya adalah .

Hewan di sini adalah yang dapat memberikan manfaat bagi manusia dalam berbagai hal. Misalnya sebagai sumber makanan ataupun sebagai hewan peliharaan.

Pengelompokan hewan ini pun terbagi menjadi beberapa kelompok, antara lain yaitu hewan liar dan hewan ternak.

Hewan liar yang ada di bumi adalah hewan yang hidup secara bebas di dan tidak bisa menjadi hewan ternak ataupun peliharaan.

Sedangkan hewan ternak adalah hewan yang hidup di dalam lingkungan tertentu untuk diambil manfaatnya, seperti ayam yang akan diambil telurnya untuk kebutuhan pangan manusia.

Hewan peliharaan biasa dipelihara oleh manusia dengan berbagai tujuan, antara lain untuk hobi, mencari keuntungan ataupun untuk dikembangbiakan.

Ada beberapa kegiatan ekonomi yang memanfaatkan hewan, antara lain sebagai berikut:

Peternakan

Manusia juga memanfaatkan sumber daya alam hewan untuk peternakan, di mana manusia bisa mengambil keuntungan dari ini.

Hewan hasil ternak bisa dipelihara, kemudian bermanfaat untuk kegiatan jual beli hewan ternak.

Kegiatan dalam memelihara dan mengembangbiakan hewan tersebut dikenal sebagai peternakan.

Pengelompokan peternakan ini pun dibagai menjadi dua kelompok, yaitu peternakan besar dan peternakan kecil.

Peternakan hewan besar antara lain sapi, kerbau dan kuda. Jenis peternakan ini dilakukan untuk diambil daging atau susunya.

Sedangkan peternakan hewan kecil antara lain kambing, domba dan babi. Peternakan kecil ini bisa dimanfaatkan untuk dambil bulunya untuk dijadikan wol, ataupun babi yang bisa diambil dagingnya.

Lalu yang terakhir adalah peternakan jenis unggas yang di dalamnya terdapat ayam, bebek, angsa, ataupun burung yang dapat diambil daging atau telurnya.

Perikanan

Selain peternakan, sumber daya alam hewan yang dapat dijadikan sebagai kegiatan pemeliharaan dalam lingkup ekonomi adalah ikan.

Perikanan merupakan budidaya atau usaha mengembakbiakan dan penangkapan ikan. Hal ini dapat dilakukan di darat maupun .

Perikanan darat umunya dilakukan di darat dengan membuat kolam, waduk ataupun yang sejenis seperti sungai, sawah dan tambak.

Jenis ikan yang dapat dibudidayakan adalah nila, mujair, gurami, dan ikan mas. Untuk tambak bisa dilakukan dengan membudidayakan udang dan bandeng.

Perikanan merupakan kegiatan penangkapan dan budidaya hewan . Misalnya, ikan kembung, kerapu, kakap, kerang, lobster dan cumi-cumi.

Kegiatan ini dilakukan melalui pembenihan. Pembenihan dilakukan dengan cara membesarkan benih pada jaring yang terapung di laut.

Ciri Identitas Suatu Daerah

Selain memanfaatkan hewan dalam kegiatan perekonomian, sumber daya alam hewan juga bisa dijadikan sebagai ciri khas suatu daerah. Misalnya, di Pulau Sumatera yang terkenal dengan harimau dan gajahnya. Sedangkan di Jawa Barat terkenal dengan badak bercula satu. Jawa Timur terkenal dengan bantengnya. Lalu di Kalimantan ada orang utan. Sulawesi terkenal dengan Anoa dan di Papua dengan burung Cendrawasihnya.

Kekayaan alam berupa sumber daya alam hewan tersebut merupakan kekayaan yang tidak ternilai harganya. Keberadaannya pun harus dilindungi dan dipertahankan agar tidak punah seiring zaman.

Sumber Daya Alam Hewan untuk Kegiatan Perekonomian