5 Tanaman Hias Indoor Penyerap Polutan untuk Rumah yang Sehat

5 Tanaman Hias Indoor untuk yang Sehat – Semakin hari, banyak orang yang telah menyadari pentingnya hidup sehat. Itu termasuk menjaga dan lingkungan sekitar tetap bersih dan memiliki udara segar yang cukup. Salah satu hal kecil yang bisa dilakukan adalah dengan menanam tanaman di pekarangan, maupun di dalam ruangan (indoor).

Kita semua tahu bahwa tanaman menyerap karbon dioksida, dan kemudian mengubahnya menjadi oksigen. Namun bukan itu saja, tanaman juga efektif dalam mengurangi jumlah bahan kimia berbahaya yang ada di udara. Itulah mengapa penting untuk memiliki setidaknya satu tanaman di dalam rumah!

Jika Anda bertanya-tanya tentang tanaman apa yang harus Anda pilih, pertimbangkan salah satu dari 5 tanaman hias indoor untuk rumah yang sehat:

1. Spider Plant

SPIDER PLANT tanaman hias indoor penyerap polutan

Salah satu tanaman hias indoor penyerap polutan yang paling populer adalah tanaman laba-laba (Spider Plant). Orang biasa menyebut tanaman ini dengan Lili Paris, dengan nama latin Chlorophytum comosum.

Spider plant terlihat cantik dengan daun hijau panjang yang terlihat seperti kembang api hijau.

Tapi selain dari segi estetika, salah satu tanaman pembersih udara terbaik ini juga bagus untuk membersihkan udara di suatu area. Misalnya, ruangan yang penuh dengan bahan kimia berbahaya, biasanya ditemukan di barang-barang rumah tangga seperti cat kuku, cat, dan karet.

Tidak hanya itu, spider plant juga cocok untuk orang yang baru merawat tanaman hias. Itu karena perawatannya yang mudah, tidak banyak persyaratan untuk hidup, serta dapat tumbuh subur di berbagai kondisi.

Jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah, tanaman hias indoor ini pun tidak berbahaya bagi kucing dan anjing, karena tidak beracun.

2. Snake Plant

Snake Plant

Tanaman hias indoor penyerap polutan lainnya yang bisa Anda rawat adalah Snake Plant atau Dracaena trifasciata. Di Indonesia, tanaman ini dijuluki dengan “Lidah mertua”.

Snake plant terkenal sangat efektif membersihkan udara dari berbagai macam gas. Ini menarik senyawa organik yang mudah menguap dari udara, membuat udara lebih bersih dan lebih aman.

Tanaman hias ini cukup kuat dan mudah untuk dirawat, hanya saja pastikan untuk tidak menyiraminya secara berlebihan.

3. Lidah Buaya

Aloe Vera

Lidah buaya merupakan tanaman kaya , baik untuk maupun . Tidak hanya itu, lidah buaya juga kerap kali menjadi tanaman hias untuk mempercantik suatu ruangan.

Dari segi manfaat untuk ruangan, lidah buaya dapat secara efektif bahan kimia udara yang terkait dengan isolasi dan produk tembakau.

Untuk , gel atau daging lidah buaya mampu meredakan benjolan, goresan maupun luka bakar. Produk-produk kecantikan pun sering kali menggunakan lidah buaya sebagai bahan pembuatan kosmetik mereka.

4. Ficus

Ficus Tanaman Hias Indoor Penyerap Polutan

Meskipun Ficus berbentuk seperti pohon, tetapi sangat efektif jika menempatkannya di dalam ruangan. Daun Ficus yang mengkilap sangat bagus untuk menyerap banyak senyawa berbahaya yang terdapat pada pembersih dan pelarut lainnya. Namun pastikan untuk meletakkannya di area yang terkena sinar matahari.

5. Peace Lily

tanaman hias indoor penyerap polutan Peace Lily

Peace Lily, salah satu tanaman hias indoor penyerap polutan yang perawatannya minim. Itu sebabnya si cantik ini sangat ideal untuk pemula.

Tampilannya dengan kombinasi hijau dan putih, sangat memanjakan mata yang memandang.

Dari segi manfaat untuk rumah, tanaman indoor ini bagus untuk amonia dan bahan kimia lainnya dari udara. Amonia biasanya ditemukan dalam produk pembersih.

Tanaman hias ini suka dengan tempat yang teduh. Jangan lupa untuk menyiram daun dengan air secara teratur!

Pilih salah satu dari 5 tanaman hias indoor penyerap polutan di atas untuk rumah yang sehat!

5 Tanaman Hias Indoor Penyerap Polutan untuk Rumah yang Sehat