6 Makanan Penurun Kolesterol yang Ternyata Mudah Ditemui

Makanan Penurun Kolesterol

6 yang Ternyata Mudah Ditemui – Anda tidak perlu takut lagi saat kolesterol naik, karena sebenarnya terdapat beberapa yang bisa menetralkan kolesetrol asalkan rutin mengonsumsinya.

Kabar baiknya, beberapa makanan ini mudah ditemukan. Apa saja kira-kira makanan ? Berikut daftarnya!

1. Teh

Segala jenis teh, baik itu teh oolong, teh hitam, teh putih ataupun teh hijau, bahkan teh herbal sekalipun, semua bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

Teh mengandung antioksidan yang memang bagus untuk tubuh, termasuk menurunkan kadar kolesterol. Hal tersebut sudah dibuktikan langsung oleh penelitian ilmiah.

Tapi ingat, jangan mencampurnya dengan gula, apalagi susu. Karena, ketika Anda mencampurkannya, khasiat teh ini akan hilang.

Kolesterol tidak akan langsung turun begitu minum teh, Anda harus meminumnya secara rutin dulu, maksimal 5 gelas dalam sehari.

2. Cokelat

Cokelat juga merupakan salah satu makanan penurun kolesterol yang cukup mudah ditemui.

Kabar gembira untuk pecinta cokelat, ternyata cokelat bermanfaat buat Anda yang punya tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Cokelat berasal dari buah kakao, para ilmuwan menemukan kandungan bahan kimia dalam kakao bisa meningkatkan kinerja pembuluh darah pada penderita diabetes dan hipertensi.

Biji kakao ini juga mengandung polifenol yang membentuk komponen kolesterol baik. Itu sebabnya coklat bisa mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah.

Anda bisa memakannya langsung, atau juga mencampurkannya dengan susu rendah lemak.

Rasa manis pahit coklat tidak cuma enak, tapi ternyata bagus buat badan. Asalkan, dikonsumsi dengan tidak berlebihan.

3. Bawang Putih

Tidak cuma sebagai bumbu masak saja, ternyata bawang putih adalah salah satu makanan penurun kolesterol yang efektif.

Fakta bahwa bawang putih dapat menurunkan konlesterol sudah dibuktikan oleh Canadian journal of cardiology. Bahkan, bawang putih bisa mengontrol kolesterolnya juga.

Makan bawang putih akan membuat badan Anda sehat, karena selain menurunkan kolesterol, bawang putih juga meringankan gangguan pencernaan.

Berdasarkan penelitian, semakin banyak mengonsumsi bawang putih, kolesterol Anda pun akan semakin turun. Tapi tetap tidak boleh berlebihan.

Bawang putih ini juga berfungsi sebagai pengencer darah, itu sebabnya Anda tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Lagipula, jika terlalu banyak makan bawang putih, nafas juga menjadi tidak sedap, ya kan?

4. Tomat

Tomat punya banyak , termasuk mampu menurunkan kolesterol. Selain itu, tomat mengandung likopen yang memberi warna merah pada tomat.

Jika Anda mengonsumsi likopen setiap hari, niscaya kolesterol Anda juga turun. Setidaknya konsumsi 25 gram likopen per hari.

Di samping itu, makanan penurun kolesterol ini juga kaya akan vitamin B. Vitamin B dalam tomat bisa menjaga jantung dan juga memperkuat dinding pembuluh darah.

Selain kaya akan nutrisi, tomat juga tidak susah buat dikonsumsi. Makanan ini enak diolah menjadi apa pun, bisa dicampur sayur, dijadikan jus, bahkan dimakan mentah-mentah.

5. Mentimun

Mentimun tidak cuma kaya dengan air, tapi juga banyak mengandung serat. Oleh sebab itu, timun bagus juga buat penetral kolesterol Anda.

Apakah Anda menyadari jika setiap membeli sate atau olahan daging lainnya, kadang suka ditambahkan acar yang berisi mentimun?

Bukan tanpa sebab, karena si acar mentimun ini nantinya bisa menjadi penetral kolesterol dari daging yang Anda makan. Jadi, jangan lupa makan acarnya setelah konsumsi daging!

Timun perlahan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, sehingga Anda terhindar dari resiko stroke ataupun jantung.

Selain itu, kandungan kalium dan magnesium di mentimun juga membuat Anda terhindar dari tekanan darah tinggi.

Agar kandungan gizi dalam mentimun bekerja maksimal, sebaiknya Anda memakannya mentah-mentah alias dijadikan lalapan. Jangan lupa, kulitnya jangan dikupas dan cuci terlebih dahulu!

6. Wortel

Nah, tidak cuma mentimun yang ada di dalam acar, tapi juga ada wortel. Ternyata perpaduan antara mentimun dan wortel akan mempercepat penurunan kolesterol. Wajar saja, karena kedua makanan ini sama-sama memiliki dalam menurunkan kolesterol.

Wortel kaya akan serat dan juga antioksidan, tak heran kalau wortel menjadi makanan sempurna buat melawan kolesterol jahat.

Menurut ilmuwan Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation di Australia, minum jus wortel setiap hari bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

Well, itu tadi beberapa makanan penurun kolesterol yang ternyata mudah ditemui dan tak asing bagi kita.

6 Makanan Penurun Kolesterol yang Ternyata Mudah Ditemui