Manfaat Makan Putih Telur Rebus untuk Kesehatan

Manfaat Makan Putih Telur Rebus untuk Kesehatan

Makan untuk – Jika berbicara soal protein, tentu telur merupakan bahan yang pertama terlintas di benak kita. Selain harganya yang murah, itu karena telur mudah didapatkan dan gampang diolah.

Berbagai macam cara pengolahan telur seperti digoreng, rebus, orak-arik, atau sebagai campuran lainnya.

Tentunya dengan menambahkan telur pada menu harian Anda, tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan protein, tetapi rasanya juga membuat Anda tak bosan untuk menyantapnya.

Soal makan , telur juga mengandung cukup banyak vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi bagian putih telurnya yang terbukti bebas kolesterol dan rendah lemak.

Nah, kita akan bahas soal kandungan protein pada putih telur, serta beberapa manfaat makan putih telur rebus untuk .

Berapa Banyak Protein Dalam Putih Telur?

Meskipun kuning telur mengandung paling banyak kandungan protein, putih telur juga sebenarnya tidak kalah.

Menurut Ritesh Bawri, Ahli Gizi dan Fisiologi, “Kuning telur (per 100 gram) mengandung sekitar 16 gram protein, sedangkan putih telur mengandung 11 gram”.

Sedangkan menurut Harvard School of Public Health, satu putih telur dapat menyumbang sekitar lima persen dari kebutuhan protein harian Anda, jika Anda mengikuti 2.000 kalori.

Beberapa Manfaat Manfaat Makan Putih Telur Rebus

Inilah beberapa manfaat makan putih telur rebus yang berguna untuk kesehatan tubuh.

  1. Protein dari putih telur yang masuk ke tubuh kita berkhasiat untuk menjaga otot tetap kuat, membantu dalam pemeliharaan jaringan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  2. Hal itu juga memungkinkan sel-sel kita menghasilkan enzim yang penting untuk metabolisme dan hemoglobin yang sehat, yang selanjutnya dapat membantu mengangkut oksigen ke jaringan.
  3. Jika Anda ingin mengonsumsi makanan rendah kalori untuk menjaga kebugaran, cukup makan putih telur tanpa bagian kuningnya.
  4. Karena putih telur kaya akan vitamin B-2, putih telur juga memasok nutrisi penting bagi tubuh kita yang membantu memecah makanan dan memungkinkan sel-sel kita menghasilkan , terutama setelah berolahraga.

Kuning Telur VS Putih Telur

Selalu ada perdebatan, apakah kuning telur lebih sehat dari putih telur?

Ritesh Bawri menjelaskan, “Baik putih telur dan kuning telur sehat untuk Anda. Secara historis, diyakini bahwa kuning telur mengandung kolesterol yang berdampak buruk bagi jantung Anda. Mitos ini kini telah terbantah, karena diyakini secara luas bahwa kolesterol dalam makanan kita bukanlah penyebab utama tingginya kolesterol dalam tubuh Anda”.

Kesimpulannya, baik bagian putih maupun kuning telur sama baiknya untuk kesehatan, asalkan mengonsumsinya secara wajar dan tidak berlebihan.

Hidangan Dengan Putih Telur Rebus

Jika rasa putih telur terlalu membosankan, buatlah menarik dengan menambahkannya ke dalam salad dengan banyak brokoli, selada, bayam, tomat, dan lainnya.

Anda juga bisa memasangkannya dengan daging dan sayuran tanpa lemak. Lebih baik lagi, Anda bisa memanggang putih telur hingga sempurna dan menikmatinya dengan sayuran cincang halus atau apa adanya.

Paling baik adalah menghidangkan putih telur rebus, karena tidak ada intervensi minyak dalam proses pengolahannya.

Kesimpulan

Telur merupakan bahan makanan yang mudah ditemui dan cukup umum dikonsumsi segala kalangan. Namun dari segi manfaat, makan putih telur rebus sangat baik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, terutama mencukupi kebutuhan protein harian.

Pada dasarnya, baik bagian kuning maupun putih telur sama baiknya, hanya saja keduanya perlu dikonsumsi secara tidak berlebihan.

Jika rasa putih telur terlalu membosankan, Anda bisa membuat sajian dengan campuran putih telur, seperti salad, menggabungkannya dengan daging, atau menjadi campuran sayuran. Tetapi penyajian yang memiliki banyak manfaat yaitu cukup dibuat putih telur rebus.

Jadi, apakah Anda masih tidak suka makan telur? Mengingat begitu banyak manfaat makan putih telur rebus, rasanya rugi jika Anda tidak suka. Semoga bermanfaat!

Manfaat Makan Putih Telur Rebus untuk Kesehatan