8 Makanan Super yang Bagus untuk Kulit

8 Super yang Bagus untuk Kulit – Banyak cara untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat, salah satu caranya dengan melakukan perawatan secara rutin.

Namun, biaya kosmetik maupun perawatan ke salon kecantikan itu tidak murah, sehingga belakangan ini banyak orang yang mulai beralih ke cara-cara .

Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit.

Lalu, apa saja yang bagus untuk kulit biar tetap sehat dan tampak ? Simak daftarnya berikut!

1. Tomat

Tomat

Makanan yang bagus untuk kulit pertama adalah tomat. Mudah didapatkan, harganya murah, namun kaya akan .

Tomat adalah salah satu favorit banyak orang, dan ini juga kerap menjadi campuran bahan masakan sehari-hari.

Satu hal lagi yang membuat orang suka, yaitu harganya murah, gampang didapat, dan sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Namun tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, ternyata tomat juga bagus untuk kecantikan kulit.

Tomat adalah sumber likopen terbaik, dan likopen adalah antioksidan anti penuaan. Buah ini kaya akan vitamin k, A, B1, B7 dan C, seng, kalium, fosfor, zat besi, folat, dan magnesium.

Jadi, kalau ingin punya kulit mulus dan sehat, jangan lupakan tomat dalam menu harian Anda.

2. Almond

Almond

Almond adalah sumber vitamin alami yang baik. Bisa Anda konsumsi sebanyak 10 sampai 15 biji per hari untuk mendapat segala kebaikannya.

Banyak yang masih memperdebatkan bagaimana cara mengonsumsi almond, apakah mesti direndam dulu atau dimakan apa adanya.

Sebenarnya jawabannya sederhana, yaitu dengan mengonsumsinya secara teratur, tidak maslaah bagaimana cara mengolahnya.

Seseorang yang rutin makan almond, dapat terhindar dari berbagai masalah kulit, misalnya kulit kering, keriput maupun memperlambat penuaan.

Kacang bergizi ini membantu produksi kolagen dan dilengkapi dengan kalsium, yang menjadikannya sebagai makanan super yang sangat baik untuk rambut, gigi, kuku, dan kulit.

3. Biji Rami

Biji-Rami

Meskipun hanya berbentuk butiran kecil, namun biji rami mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi, membangun fungsi sel kulit yang sehat, serta membantu produksi kolagen baru.

Semua yang terdapat biji rami tersebut pada akhirnya dapat membantu menjaga kulit kita tetap sehat dan bebas kerutan.

Asam alfa linolat yang ditemukan dalam biji rami juga membantu mengurangi kekeringan, gatal, dan pengelupasan kulit.

Kandungan vitamin B yang terdapat di dalamnya juga membantu memperbaiki kondisi seperti rocacea dan eksim.

Anda dapat mengonsumsi makanan yang bagus untuk kulit ini sebagai campuran pada bubur maupun salad.

4. Buah Jeruk

Buah-Jeruk makanan yang bagus untuk kulit

Buah jeruk yang sangat familiar bagi masyarakat kita ini ternyata juga menjadi salah satu makanan yang bagus untuk kulit.

Jeruk merupakan buah yang bagus untuk kulit, karena mengandung vitamin C yang mampu menjadi agen pembersih yang sangat baik untuk kulit, serta menjadikannya segar dan bercahaya.

Selain itu, jeruk juga membantu memperbaiki tekstur kulit, memulihkan kolagen, menjaga kulit tetap kencang dan bebas kerutan.

Oleh karena itu, banyak produk-produk kecantikan menjadikan jeruk sebagai bahan utama pembuatan produk kecantikan mereka. Lagipula, jeruk memiliki aroma yang sangat bersahabat dengan indera penciuman kita.

So, jangan sampai lewatkan buah yang enak ini ya dalam menu harian Anda!

5. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau

Sayuran hijau, apapun jenisnya (bayam, brokoli, kangkung, dll), merupakan makanan yang wajib dikonsumsi kalau mau punya kulit yang bagus.

Makanan super ini akan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Karena, dalam sayuran hijau mengandung vitamin K dan seng yang kaya.

Sumber nutrisi tersebut bagus untuk meningkatkan sirkulasi darah dan koagulasi, mengurangi peradangan, serta membantu mencegah munculnya jerawat.

So, jika Anda sedang mengalami masalah jerawat, jangan lupa konsumsi sayur hijau yang bagus untuk kulit berjerawat.

Tapi tidak cuma berguna buat kulit saja, sayuran hijau terbukti dapat meningkatkan metabolisme, baik untuk pencernaan, dan dapat mengurangi kemungkinan sembelit.

Jadi, jika Anda mengonsumsi sayuran secara teratur, Anda tidak hanya akan mendapat manfaat kesehatan saja, tapi juga kecantikan.

Kalau Anda tidak suka makan sayur, coba pikirkan lagi!

6. Cokelat Hitam

Cokelat Hitam

Mungkin Anda hanya tahu bahwa cokelat merupakan makanan manis yang dapat memuaskan lidah saja. Dibalik itu, cokelat juga berguna untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Meski kedengarannya aneh, tetapi cokelat hitam benar-benar salah satu makanan yang bagus untuk kulit. Itu karena kandungan di dalamnya yang membuat cokelat menjadi begitu berkhasiat.

Flavonoid dan fitonutrien yang ditemukan dalam cokelat hitam memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Semua nutrisi itu dapat memperbaiki kondisi kulit, dan membantu mengurangi kerusakan kolagen.

Singkatnya, cokelat hitam dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit, membuat kulit lebih halus, terhidrasi, dan sehat pastinya.

Pastikan Anda makan dua kotak kecil cokelat hitam, tiga kali seminggu untuk kulit sehat dan bercahaya.

7. Ikan Salmon

Ikan Salmon makanan yang bagus untuk kulit

Walaupun tergolong ikan yang mahal, namun dibalik harganya yang selangit, ternyata sepadan dengan khasiat yang akan Anda dapatkan.

Salmon mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi, yang baik untuk kesehatan jantung dan orang dengan masalah tekanan darah.

Asam lemak omega 3 juga membantu produksi kolagen, serta protein yang dapat menjaga kulit tetap sehat dan bebas kerutan.

Selain itu, salmon mengandung selenium yang mampu melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya, serta menjaga kulit tetap lembab, lembut dan kenyal.

Makanan super ini juga memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi. Vitamin D bertugas untuk membantu penyerapan mineral penting seperti kalsium, magnesium dan fosfat, serta efek biologis lainnya.

8. Buah Alpukat

Alpukat makanan yang bagus untuk kulit

Tidak cuma di Indonesia saja, buah alpukat juga cukup populer di seantero dunia. Wajar saja, karena buah ini kaya nutrisi yang dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan dan kecantikan.

Kandungan minyak dan vitamin E yang tinggi dalam alpukat, membantu membangun fungsi kulit yang sehat, serta melembabkan kulit.

Mengonsumsi buah yang bagus untuk kulit ini secara rutin juga dapat mencegah risiko psoriasis.

Alpukat juga dapat mencegah kerusakan akibat sinar matahari, serta menyembuhkan kulit berjerawat.

Karena sifatnya yang menghidrasi, alpukat membantu menjaga kulit Anda terlihat lebih muda dan kenyal, serta bebas kerutan.

Alpukat adalah sumber asam lemak oleat dan palmitat yang tinggi serta kaya vitamin K, C, A, E dan B6, karotenoid, dan folat. Selain itu, buah ini merupakan sumber potasium, magnesium, dan serat makanan yang sangat baik.

Semua nutrisi tersebut dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, mengurangi peradangan dan menjaga kulit tetap sehat.

Nah, sekarang Anda sudah tahu apa saja makanan yang bagus untuk kulit. Jadi, kulit sehat, bercahaya dan tampak awet muda bukan lagi impian kalau Anda mengonsumsi makanan di atas secara teratur. Dengan catatan, mengonsumsinya tidak berlebih-lebihan, karena sesuatu yang berlebihan hasilnya pasti tidak akan bagus.

8 Makanan Super yang Bagus untuk Kulit