6 Cara Membersihkan Makeup Wajah Secara Alami

Cara Membersihkan Makeup Wajah Secara Alami

6 Membersihkan Makeup Secara Alami – Bagi kaum hawa, makeup sangat penting artinya untuk menunjang penampilan, sehingga tak heran kalau mereka sampai menyisihkan budget yang cukup banyak hanya untuk keperluan makeup dan perawatan saja.

Namun, penggunaan produk makeup secara sembarangan dapat menimbulkan efek yang tak baik bagi kulit wajah.

Terutama bila penggunaannya dalam jangka panjang, dan setelah menggunakannya Anda tidak membersihkannya.

Beberapa dampak jangka panjang berbahaya yang bisa terjadi akibat tidak membersihkan makeup seperti, timbulnya komedo, bakteri dan jerawat, serta kulit mudah teriritasi.

Oleh sebab itu, penting rasanya untuk membersihkan makeup setelah menggunakannya atau sebelum Anda beranjak tidur.

Sebenarnya sudah banyak produk untuk menghapus makeup yang beredar di pasaran. Tetapi kebanyakan sudah tercampur dengan bahan kimia.

Kalau Anda ingin mencoba yang lebih alami, berikut adalah beberapa membersihkan makeup yang bisa Anda lakukan sebelum tidur dengan bahan-bahan alami.

1. Susu

Selain bagus untuk , susu juga bagus untuk kulit Anda, termasuk peranannya dalam menghapus riasan wajah.

Bahkan, Ratu Cleopatra sudah menggunakan susu sebagai bahan alami perawatan .

Susu mengandung sejumlah lemak dan protein yang mampu membuat kulit tetap lembab, terlebih susu murni.

Sehingga, banyak juga produk kecantikan saat ini yang menggunakan susu sebagai bahan utama pembuatan atau sekedar campuran saja.

Kalau Anda mendapati riasan wajah yang sulit dibersihkan, cobalah oleskan susu cair pada area yang tertutup makeup, setelah itu bersihkan dengan bola kapas. Anda akan melihat sisa-sisa makeup yang menempel di kapas.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan minyak almond ke dalam susu cair, lalu oleskan ke wajah dengan kapas. Cara ini berguna untuk menghapus makeup pada wajah sekaligus memberikannya kesegaran.

Untuk menghilangkan makeup pada bagian mata, Anda bisa mencelupkan kapas dalam susu cair, kemudian aplikasikan pada bagian tersebut, akhiri dengan mencucinya dengan air bersih.

2. Minyak Kelapa

Penggunaan minyak kelapa sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kita. Sejak dahulu, nenek moyang kita sudah menggunakan minyak ini untuk berbagai keperluan.

Minyak kelapa mengandung tiga asam lemak esensial dan berat molekul rendah yang akan memberikan penetrasi yang baik.

Di samping itu, minyak kelapa juga sarat dengan sifat antimikroba yang berfungsi sebagai pelembab alami yang sangat baik untuk wajah dan tubuh.

Jika Anda ingin menghapus makeup dengan minyak kelapa, Anda hanya perlu mengoleskan minyak pada makeup yang membandel, sambil berikan pijatan ringan.

Biarkan beberapa saat, lalu bersihkan dengan kapas.

Lihatlah seberapa banyak makeup yang terangkat oleh minyak kelapa!

3. Timun

Timun mengandung kadar air yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, jika menggunakan timun sebagai masker, maka akan memberikan kesegaran ekstra pada wajah.

Di samping itu, ternyata timun juga salah satu bahan alami yang ampuh dalam membersihkan make up.

Sifat anti-inflamasi pada timun juga dipercaya dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi atau kulit yang rawan jerawat.

Kalau ingin menggunakan timun sebagai pembersih riasan wajah, Anda hanya perlu membuat jus timun dengan menggunakan blender atau melumatnya hingga halus.

Kemudian, Anda bisa menambahkan minyak zaitun pada jus timun tersebut.

Pembersih makeup alami dari timun pun siap digunakan untuk membersihkan wajah Anda.

4. Madu

Madu terkenal sebagai bahan alami yang kaya , termasuk dalam bidang kecantikan.

Sifat antibakterinya tidak hanya ampuh untuk mengatasi jerawat, tetapi juga mengandung enzim yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

Selain itu, madu merupakan salah satu bahan alami untuk melembabkan kulit, serta mampu membuat kulit terasa lembut dan halus.

Perpaduan antara baking soda dan madu tidak hanya dapat membersihkan makeup secara menyeluruh, tetapi juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

Kalau Anda ingin mencobanya di rumah, siapkanlah madu murni dan tambahkan sedikit baking soda.

Oleskan dengan lembut pada wajah dengan menggunakan kain katun lembut, lalu bilaslah dengan air hangat.

Namun jika Anda tidak ingin menggunakan baking soda atau hanya ingin menggunakan madu murni saja, Anda bisa menggunakannya dengan cara yang sama seperti di atas, hanya saja Anda perlu memijat wajah secara ringan agar madu meresap ke pori-pori wajah.

Jika Anda mempunyai kulit yang terlalu berminyak, Anda bisa menambahkan sedikit jus lemon (sari lemon) dalam madu, cara penggunaannya pun sama seperti di atas.

Untuk kulit yang kering, Anda bisa menambahkan sedikit susu pada madu.

5. Lidah Buaya

Ternyata tanaman ini juga dapat digunakan sebagai cara membersihkan makeup secara alami. Yang digunakan adalah bagian dagingnya atau gel lidah buaya.

Untuk menggunakan bahan alami ini, campurkan lidah buaya dengan madu, lalu aduk rata.

Anda juga bisa menambahkan minyak kelapa atau minyak zaitun (opsional).

Setelah semua bahan tercampur rata, Anda bisa menggunakannya pada wajah sambil melakukan pijatan ringan sekitar dua sampai tiga menit.

Setelah itu, bilas wajah dan keringkan.

6. Uap Air Hangat

Selain beberapa cara di atas, ada satu lagi cara menghilangkan makeup wajah secara alami, yaitu dengan menggunakan uap. Sepertinya cara ini merupakan yang paling murah di antara yang lain.

Bagaimana cara penggunaannya? Ikuti langkah-langkah ini:

  • Pertama, Anda bisa rebus air sampai mendidih, lalu setelah itu Anda angkat dan tuangkan ke dalam mangkok atau wadah yang tahan panas.
  • Selanjutnya, dekatkan wajah Anda ke air panas tersebut. Cukup pastikan sampai wajah Anda teruapi seluruhnya, dan terasa hangat (tapi tidak terlalu menyengat).
  • Biarkan wajah Anda agak basah karena penguapan tersebut.
  • Setelah dirasa cukup, Anda bisa lap wajah dengan kapas.

Lihatlah betapa hebatnya proses ini dalam menghilangkan riasan wajah Anda!

Itulah beberapa cara membersihkan makeup secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Ingat, jangan untuk membersihkan wajah Anda dari makeup sebelum tidur, biar bagaimanapun, kecantikan dan kulit Anda tak ternilai harganya!

6 Cara Membersihkan Makeup Wajah Secara Alami