9 Makanan yang Sehat untuk Rambut

9 yang Sehat untuk Punya cantik adalah idaman tiap wanita, tetapi cantik saja tidak cukup, juga harus terjaga kesehatannya.

Well, untuk mewujudkan hal tersebut, Anda cukup menambahkan yang sehat untuk rambut berikut dalam menu sehari-hari Anda. Apa saja? Check this out!

1. Tiram

Tiram makanan yang sehat untuk rambut

Seng adalah mineral penting untuk menjaga kesehatan rambut Anda. Kekurangan seng dapat melemahkan kepala sehingga mengubah struktur folikel rambut.

Kondisi demikian dapat menyebabkan rambut rontok, serta timbulnya ketombe. Tiram yang kaya akan seng, adalah solusi tepat untuk kondisi tersebut.

Jika Anda mengalami kerontokan rambut, Anda bisa tambahkan tiram dalam menu makanan Anda sehari-hari. Daging sapi, bayam, biji labu, dan daging domba juga beberapa makanan lain yang kaya seng.

2. Wortel

Wortel

Bukan rahasia lagi kalau wortel bermanfaat untuk kesehatan . Tapi apakah Anda tahu kalau wortel juga makanan yang sehat untuk rambut?

Wortel merupakan sumber vitamin A yang kaya, dimana nutrisi tersebut diperlukan untuk pertumbuhan sel.

Dengan mengonsumsinya secara teratur dalam benttuk sup maupun dibuat jus, Anda akan memiliki rambut tebal serta pertumbuhan yang sehat.

Selain itu, manfaatnya juga dapat mengurangi rambut rontok dengan memperkuat akar rambut.

3. Jambu Biji

Jambu-Biji

Makanan yang sehat untuk rambut selanjutnya adalah jambu biji. Buah ini mudah ditemui di pasar-pasar maupun lingkungan sekitar kita.

Vitamin C merupakan nutrisi penting yang baik untuk pertumbuhan rambut, serta menjaganya agar tetap kuat. Nutrisi tersebut terkandung dalam jambu biji.

Bukan hanya buahnya saja, tetapi daun jambu biji juga merupakan solusi tepat untuk masalah rambut Anda, khususnya rambut rontok.

Sifat antimikroba dan antioksidan dari daun jambu biji akan meningkatkan kesehatan kepala Anda dan menjauhkannya dari ketombe.

Dengan demikian, pertumbuhan dan ketebalan rambut akan meningkat dalam waktu singkat.

4. Salmon

Salmon

Selain rasanya yang lezat, ternyata daging ikan salmon juga memiliki baik bagi rambut Anda.

Asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan salmon, merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh dan juga rambut.

Selain salmon, sebenarnya asam lemak omega 3 juga terdapat pada ikan-ikan lain, hanya saja ikan salmon yang terbaik.

Manfaat yang didapat jika rutin mengonsumsi ikan salmon seperti, menjaga kesehatan batang rambut, menghindari rambut rontok, serta menjaga kulit kepala tetap terhidrasi, sehingga rambut akan terlihat berkilau.

5. Bayam

Bayam makanan yang sehat untuk rambut

Bukan cuma Popeye yang wajib mengonsumsi bayam, tetapi siapapun yang ingin tetap sehat dan memiliki rambut cantik juga wajib mengonsumsinya.

Zat besi merupakan salah satu nutrisi penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala, dan sayur bayam adalah sumber nutrisi tersebut.

Efek dari rutin mengonsumsi bayam dalam jumlah yang cukup adalah, Anda akan memiliki folikel rambut yang sehat.

Dengan begitu, Anda bisa melihat peningkatan pertumbuhan rambut yang signifikan. Terdapatnya antioksidan pada bayam juga dapat mengatasi kerusakan rambut.

6. Telur

Telur makanan yang sehat untuk rambut

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat rambut Anda kering dan rapuh, salah satunya adalah karena kekurangan protein.

Sudah pasti, karena rambut terbuat dari protein yang bernama keratin. Jadi, kekurangan protein dapat melemahkan rambut Anda.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka sewajarnya Anda perlu mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup. Salah satunya terkandung dalam telur.

Selain baik untuk dikonsumsi, menggunakan masker telur untuk rambut juga baik untuk menjaga kesehatan, serta menyuburkan rambut dengan memperkuat akarnya.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

Makanan yang baik untuk rambut selajutnya dalam daftar ini adalah kacang-kacangan.

Salah satu nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan kulit kepala adalah vitamin E.

Vitamin E juga baik untuk merawat kulit secara keseluruhan. Dan, kacang-kacangan merupakan sumber nutrisi tersebut.

Manfaat kacang-kacangan untuk rambut diantaranya dapat mengendalikan kadar minyak berlebih pada rambut, serta melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala.

Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin, juga dapat membantu meningkatkan kesehatan folikel rambut, sehingga rambut Anda akan tumbuh lebat.

8. Stroberi

Stroberi

Siapa yang tidak suka buah yang satu ini?

Beruntunglah Anda yang rajin mengonsumsinya, sebab buah stoberi ini mempunyai kandungan silika yang cukup tinggi, dimana hal tersebut baik untuk kekuatan dan juga pertumbuhan rambut.

Selain stroberi, makanan yang memiliki kandungan silika diantaranya adalah beras, bawang, gandum, kubis, mentimun dan kembang kol.

9. Wheat Germ

Wheat-Germ

Selain dari faktor eksternal seperti polusi udara, ternyata faktor internal pun dapat berpengaruh pada kesehatan rambut.

Rambut dapat mengalami kerontokan parah akibat masalah pada saluran penceranaan. Salah satu penyebab gangguan pencernaan adalah karena kekurangan seng.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi Wheat Germ yang diketahui kaya akan kandungan seng-nya.

Selain ampuh untuk mengatasi masalah pencernaan, seng juga dapat membuat rambut tumbuh lebih cepat dan berkilau indah.

Sekarang Anda sudah tahu makanan yang sehat untuk rambut. So, jangan ragu untuk menambahkan daftar makanan di atas dalam menu sehari-hari Anda!

9 Makanan yang Sehat untuk Rambut