5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kecantikan Kulit

Manfaat Buah Alpukat untuk Kecantikan

5 untuk Kecantikan Kulit dikenal sebagai lezat yang kaya , baik itu dalam hal kesehatan maupun kecantikan.

Buah asal Amerika Tengah ini menjadi bahan alami yang untuk perawatan kecantikan kulit. Tak heran kalau produk-produk kecantikan modern menggunakan alpukat sebagai bahan dasar pembuatannya.

Jika berbicara nutrisi, alpukat mengandung kaya lemak tak jenuh tunggal serta protein. Selain itu, kandungan vitamin E dan juga kaliumnya cukup tinggi. Bahkan, alpukat memiliki kalium 60 persen lebih tinggi daripada pisang.

Alpukat juga kaya serat yang dapat baik untuk sistem pencernaan, seperti asam folat, vitamin B6, zat besi, tembaga dan magnesium.

Untuk perawatan kulit, alpukat pun berisi bermacam vitamin yang bagus untuk kulit, seperti vitamin A, D dan E.

Minyak dari alpukat juga sangat bermanfaat untuk perawatan kulit. Minyak ini berguna untuk memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari atau bintik-bintik penuaan. Selain itu juga melembutkan serta melembapkan kulit.

Manfaat Buah Alpukat untuk Kecantikan Kulit

Well, kalau Anda ingin melakukan perawatan kulit dengan memanfaatkan buah alpukat, berikut adalah beberapa sederhana yang bisa Anda lakukan.

1. Menghilangkan Kantung Mata

Masalah kantung mata bisa terjadi karena kurang tidur, maupun terlalu lama menatap layar. Tentunya hal tersebut sangat menganggu penampilan.

Jika Anda mengalami hal tersebut, jangan panik! Cukup sediakan buah alpukat.

Potong alpukat menjadi beberapa irisan, dan letakkan tepat di bawah setiap mata. Biarkan menempel selama 20 menit.

2. Krim Mata

Buat krim mata dengan mencampurkan 5 tetes minyak almond ke dalam 3 irisan alpukat yang sudah matang. Haluskan campuran ini dan oleskan di sekitar mata Anda. Diamkan selama lima menit lalu bilas.

lain untuk membuat krim mata adalah dengan menggunakan 1/4 cangkir minyak alpukat dengan 1/4 cangkir gel lidah buaya. Anda juga bisa menggunakan minyak biji aprikot, biji anggur atau minyak wijen.

3. Masker Alpukat

Belakangan ini, tren masker dengan buah-buahan cukup nge-hits. Termasuk dari manfaat buah alpukat ini.

Anda bisa membuat sendiri masker wajah dari buah alpukat di rumah. Caranya seperti di bawah ini.

Hancurkan setengah buah alpukat dan oleskan dengan lembut di wajah Anda. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Cara lainnya, buat pasta dari ½ alpukat matang dicampur dengan 1 sdt minyak sayur. Oleskan pasta ini pada wajah yang sudah dicuci dan bersih. Biarkan selama 15 hingga 20 menit. Bilas dengan air hangat. Masker ini sangat bagus untuk kulit kering.

4. Tangan Halus dan Indah

Selain wajah, bagian tubuh yang tak kalah penting untuk dijaga keindahannya adalah tangan.

Tangan yang halus dan lembut adalah impian setiap wanita, dan alpukat mampu mewujudkannya.

Kupas 1/4 buah alpukat, lalu hancurkan hingga seperti pasta, campur 1 putih telur, 2 sdm oatmeal dan 1 sdt jus lemon. Aduk rata semua bahan. Oleskan pasta ini di tangan Anda dan biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk hingga kering.

5. Mengobati Luka

Manfaat buah alpukat untuk kecantikan kulit yang terakhir, adalah mampu membantu mengobati luka.

Menurut penelitian yang dipublish pada jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, ternyata buah alpukat juga dapat membantu mengobati luka. Yaitu dengan memanfaatkan minyaknya.

Asam lemak esensial dan asam oleik yang terkandung di dalamnya itulah yang bertanggung jawab atas penyembuhan luka. Sintesis kolagen akan terdorong oleh kedua kandungan tersebut dan mencegah luka bertambah parah.

Selain itu, kandungan asam lemaknya juga dapat mengurangi peradang saat penyembuhan.

Itulah beberapa manfaat buah alpukat untuk kecantikan kulit. Silahkan coba perawatan yang cocok sesuai kebutuhan Anda!

5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kecantikan Kulit