10 Manfaat Buah Leci Bagi Kesehatan yang Sayang untuk Dilewatkan

Manfaat Buah Leci bagi kesehatan

10 Bagi yang Sayang untuk Dilewatkan – Saat cuaca sedang panas terik, kita akan mengeluarkan lebih banyak keringat. Tentunya hal tersebut akan mengurangi carian yang ada di tubuh kita.

Namun tak usah khawatir, banyak minuman atau buah-buahan yang mengandung kadar air tinggi yang dapat mengisi kembali cairan tubuh, sekaligus melegakan dahaga.

Salah satunya adalah (Litchi chinensis). Buah yang bertekstur lembut mirip lengkeng dan rambutan, yang dibalut dengan kulit berwarna merah.

Buah yang banyak dibudidayakan di daerah tropis dan sub-tropis ini memiliki rasa yang lezat, dan kaya vitamin serta mineral. Sayangnya, Anda hanya dapat menikmati buah ini pada saat musim panas saja.

Dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga membantu sirkulasi darah, buah leci mengandung kadar air tinggi dan menawarkan banyak kesehatan.

Menurut Ahli Gizi Simran Saini, “Leci memiliki vitamin C dosis tinggi yang membantu memulihkan kekebalan Anda, dan menjaga kesehatan kulit Anda. Ia juga kaya vitamin D. Dengan kandungan airnya yang tinggi, ini adalah buah yang bagus untuk menjaga Anda tetap selama cuaca panas”.

Berikut adalah beberapa manfaat buah leci bagi kesehatan yang sayang untuk dilewatkan:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Leci kaya akan vitamin C, buah ini juga memiliki lebih dari 100% kebutuhan harian asam askorbat (ABA) dalam satu porsi. Hal itu sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Vitamin C merangsang aktivitas sel darah putih yang melindungi tubuh dari benda asing.

2. Baik untuk Pencernaan

Leci sarat dengan serat . Serat ini mengatur pergerakan usus dengan memastikan kelancaran bagiannya melalui saluran pencernaan.

Selain itu juga dapat menambah massa pada tinja, serta dapat bekerja sangat baik untuk mengatasi sembelit dan masalah perut lainnya.

Di samping itu, manfaat buah leci dapat merangsang cairan lambung dan pencernaan, dengan membantu penyerapan nutrisi yang efisien.

3. Mencegah Penyebaran Virus

Manfaat buah leci bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat mencegah penyebaran virus.

Proanthocyanidins yang ada pada buah leci dapat memberikan kemampuan antivirus yang kuat. Lycheetannin A2, salah satu komponen leci, dapat membantu mencegah penyebaran virus.

4. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Kandungan tembaga yang tinggi pada leci membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Seperti Besi, tembaga juga bertanggung jawab untuk pembentukan sel darah merah. Lebih banyak sel darah merah, menyebabkan sirkulasi darah yang lebih baik dan meningkatkan oksigenasi organ dan sel.

5. Mengatur Tekanan Darah

Leci membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan menjaga keseimbangan cairan.

Buah ini kaya kalium dan rendah natrium yang membantu mengatur tekanan darah Anda. Kalium dapat membantu mengurangi penyempitan arteri dan pembuluh darah, sehingga menurunkan tekanan pada sistem kardiovaskular.

6. Baik untuk Kulit

Manfaat buah leci tidak hanya baik bagi kesehatan saja, tetapi dalam urusan juga sama baiknya.

Leci dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan dan noda. Penyebab utama penuaan adalah produksi radikal bebas yang disebabkan oleh stres oksidatif yang tinggi.

Vitamin C dalam leci bertindak sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas ini.

7. Membantu Penurunan Berat Badan

Leci adalah sumber serat yang berperan penting dalam penurunan berat badan.

Buah ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi, serta kandungan lemak yang sangat rendah, sehingga menjadikannya buah yang ideal untuk menurunkan berat badan. Bagusnya lagi, buah lecei juga rendah kalori.

8. Agen Anti Inflamasi

Kaya akan flavanol, ekstrak leci diketahui dapat mengobati peradangan dan kerusakan jaringan yang disebabkan oleh peradangan.

9. Menguatkan Tulang

Leci kaya akan nutrisi penting seperti magnesium, fosfor, besi, mangan, dan tembaga. Mineral tersebut dapat meningkatkan penyerapan kalsium pada tulang, sehingga membuatnya kuat dan sehat.

10. Bagus untuk Jantung

Polifenol yang terkandung dalam buah leci sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Beberapa kandungan lain yang terdapat pada buah manis ini juga membantu jantung bekerja lebih optimal. Kandungan tersebut seperti flavonoid, tembaga, dan kalium.

So, kalau mau punya jantung yang tetap sehat, jangan lupa konsumsi buah ini secara rutin agar dapat manfaat positif buah leci untuk kesehatan.

Buah leci memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan jika mengonsumsinya secra rutin dan tidak berlebihan. Namun, bagi penderita diabetes sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum mengonsumsinya, karena buah ini rasanya sangat manis.

10 Manfaat Buah Leci Bagi Kesehatan yang Sayang untuk Dilewatkan