Contoh Pidato Sambutan Pelepasan Jamaah Haji

Contoh Pidato Sambutan Pelepasan Jamaah Haji

Sambutan Pelepasan Jamaah – Ibadah merupakan rukun kelima yang wajib ditunaikan apabila seseorang sudah mampu. Mampu secara fisik, mental, maupun material.

Hal ini tertuang dalam Al-Qur’an yang berbunyi:

فِيهِ ءَايَـٰتُۢ بَيِّنَـٰتٌ۬ مَّقَامُ إِبۡرَٲهِيمَ‌ۖ وَمَن دَخَلَهُ ۥ كَانَ ءَامِنً۬ا‌ۗ وَلِلَّهِ عَلَى ٱلنَّاسِ حِجُّ ٱلۡبَيۡتِ مَنِ ٱسۡتَطَاعَ إِلَيۡهِ سَبِيلاً۬‌ۚ وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَنِىٌّ عَنِ ٱلۡعَـٰلَمِينَ

Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji, padahal dia mampu) maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam. (QS Ali Imran: 97)

Bagi Anda yang ingin memberikan sambutan atau singkat pelepasan jemaah haji, berikut adalah pidato sambutan pelepasan jamaah haji yang bisa Anda dan modifikasikan sesuai kondisi.

Contoh Pidato Sambutan Pelepasan Jamaah Haji

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

(Muqadimah atau pembukaan dapat memilih yang Anda sukai)

Saudara-saudara sekalian yang kami hormati. Patutlah kiranya pada hari yang amat berbahagia ini kita mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan nikmat yang diberikan kepada kita, kita dapat berkumpul pada hari ini untuk melaksanakan pelepasan jamaah haji.

Terlebih lagi, kepada saudara-saudara kita yang pada hari ini diperkenankan, untuk memenuhi panggilan-Nya ke Baitullah di Mekkah Al-Mukarromah.

Sholawat dan salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada junjungan dan suri tauladan kita, penutup para Rasul Nabi Besar Muhammad SAW. Kepada segenap keluarga dan para sahabat, serta orang-orang yang senantlasa berjalan pada risalah beliau. Karena lantaran beliaulah kita dapat mengetahui perkara atau kewajiban apa saja yang harus kita tunaikan dan perkara apa yang harus kita tinggalkan.

Hadirin sekalian yang kami hormati, Kita semua mungkin telah mengetahui, bahwasanya untuk pergi ke Mekah dalam rangka menunaikan ibadah haji, haruslah memenuhi beberapa syarat haji, diantara yang terpenting adalah kemampuan, baik itu dari segi materi ataupun jasmani.

Oleh karena itu, berbahagia dan beruntunglah saudara berdua yang hari ini diperkenankan oleh Allah SWT untuk memenuhi panggilan-Nya dalam rangka menyempurnakan rukun yang kelima.

Dan tentunya kami yakin bahwasanya saudara berdua telah melaksanakan sepenuh hati dan keyakinan rukun Islam yang lainnya, seperti Syahadat, Shalat, Zakat dan Puasa.

Kami pun berharap dan berdoa semoga saudara berdua tiba di sana dengan selamat. Dan hendaknya pula saudara berdua dalam menunaikan beberapa rangkaian rukun haji, dengan penuh keyakinan dan penyerahan diri dengan sebulat-bulatnya kehadirat Allah SWT. Amiin.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Haji adalah ibadah fisik dan jiwa, selain jiwa harus ikhlas karena Allah, fisik pun harus mendukkung untuk melaksanakan ibadah mulia ini. Oleh karena itu, seyogyanya setelah tiba di tanah suci, saudara dapat menjaga kesehatan dengan baik, demi merampungkan seluruh rangkaian ibadah haji di tanah suci. Baik yang termasuk rukun haji, maupun wajib haji.

Haji yang dikerjakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan syarat dan ruku yang ada, Insya Allah akan menjadi haji mabrur. Dan haji yang mabrur tiada balasan kecuali surga. Nabi bersabda:

“Dan haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga.” (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349).

Akhirnya, kami menyampaikan selamat jalan kepada saudara berdua, semoga memperoleh haji yangmabrur. Dan untuk segenap keluarga yang ditinggalkan, semoga diberikan penjagaan, perlindungan, serta pemeliharaan olah Allah SWT.

Wabillahi Taufiq wal Hidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Itulah contoh pidato singkat sambutan pelepasan untuk jamaah yang ingin naik haji. Silahkan Anda contoh dan modifikasikan lagi sesuai keadaan dan kondisi acara.

Contoh Pidato Sambutan Pelepasan Jamaah Haji