Mengenal Bagian Tubuh Hewan Kucing, Ikan, Burung dan Serangga

Mengenal Bagian Tubuh Kucing, Ikan, Burung dan Serangga – Disekitar kita terdapat beberapa makhluk hidup seperti . Setiap tersebut memiliki bagian tubuh yang berbeda satu dengan yang lainnya. Seperti halnya kucing, ikan, burung dan serangga.

Mari kita mengenal lebih jauh tentang bagian tubuh hewan kucing, ikan, burung dan serangga yang ada di sekitar kita.

Kucing

Mengenal Bagian Tubuh Hewan Kucing

Kucing adalah hewan yang hidup di daerah darat. Bagian tubuh kucing ini ditutupi dengan rambut yang lebat.

Tubuh kucing sendiri terdiri dari kepala, badan dan kaki. Pada bagian kepala terdiri dari mata, telinga, hidung, mulut dan kumis. Sedangkan pada bagian badan kucing terdapat perut dan ekor. Ekor kucing berfungsi untuk keseimbangan tubuhnya.

Kucing memiliki empat kaki untuk berjalan. Pada setuap kakinya terdapat kuku yang tajam atau biasa disebut dengan cakar. Fungsi dari cakar ini adalah untuk mencengkram mangsanya.

Ikan

Mengenal Bagian Tubuh Hewan Ikan

Ikan merupakan hewan yang hidup di air dan tidak dapat hidup di darat. Mereka dapat hidup di air karena memiliki insang untuk bernapas.

Tubuh ikan terdiri dari kepala, badan dan ekor. Untuk bagian kepala terdapat mata, lubang hidung, mulut dan insang. Mata dari ikan pun tidak terdapat kelopak mata. Oleh karena itu, mata ikan tidak bisa memejam.

Pada bagian ikan juga terdapat sisik dan sirip. Sisik ikan terdapat pada bagian tubuhnya yang berfungsi untuk melindungi tubuh ikan. Ikan mampu berenang karena memiliki lima pasang sirip. Sirip ini berfungsi sebagai penggerak. Dan ekor berguna untuk mengatur arah gerak.

Burung

Mengenal Bagian Tubuh Hewan Burung

Burung termasuk hewan darat. Hewan ini ada yang bisa terbang dan tidak bisa terbang. burung yang bisa terbang adalah burung pipit dan burung nuri. Sedangkan yang tidak dapat terbang adalah ayam dan penguin.

Tubuh burung terdiri dari kepala, badan, kaki, sayap dan ekor. Pada bagian kepala terdapat mata, telinga, lubang hidung, dan paruh.

Burung juga memiliki paruh untuk makan dan tidak memiliki gigi. Tubuh burung ditutupi oleh bulu ringan tetapi kuat. Bulu ini berfungsi untuk melindungi burung dari cuaca dingin.

Sedangkan kaki dan sayap merupakan alat gerak dari burung itu sendiri, yang terdiri dari masing masing dua pasang. Kaki burung berfungsi untuk terbang dan untuk berjalan. Sedangkan ekor dalam bagian belakang burung berfungsi untuk menentukan arah ketika terbang.

Serangga

Mengenal Bagian Tubuh Hewan Kupu kupu

Serangga merupakan hewan yang sangat kecil. Hewan kecil ini ada yang memiliki sayap ataupun tidak. dari serangga yang tidak memiliki sayap adalah semut, kutu busuk dan kutu rambut. Sedangkan serangga yang memiliki sayap adalah lalat, nyamuk dan lebah serta kupu kupu.

Kupu-kupu yang termasuk dalam daftar serangga memiliki kepala dan badan. Kepala kupu-kupu terdiri dari sepasang mata majemuk, sepasang antena dan belalai.

Belalai adalah alat yang digunakan untuk menghisap. Sedangkan di bagian badan kupu-kupu terdiri dari dada dan perut.

Pada badan terdiri dari dua pasang sayap dan tiga pasang kaki. Sayap dan kaki ini berfungsi sebagai alat gerak.

Nah, itu tadi sekilas tentang mengenal bagian tubuh hewan kucing, ikan, burung dan serangga. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian!

Mengenal Bagian Tubuh Hewan Kucing, Ikan, Burung dan Serangga