Pengertian Iklan Komersial dan Iklan Nonkomersial

Pengertian Iklan Komersial dan Iklan Nonkomersial

Komersial dan Nonkomersial – Iklan adalah informasi yang isinya membujuk masyarakat umum supaya tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan. Fungsinya untuk memberi tahu kepada banyak orang mengenai barang dan jasa yang dijual. Iklan dipasang di media massa seperti koran dan majalah atau di tempat-tempat umum.

Iklan Komersial dan Iklan Nonkomersial

Berdasarkan tujuannya, iklan dibedakan menjadi dua, yaitu iklan komersial dan iklan nonkomersial.

Iklan komersial memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan ekonomi, terutama meningkatkan penjualan. iklan komersial adalah iklan berbagai macam makanan, minuman, dan mainan. Iklan hemat energi adalah salah satu iklan Iayanan masyarakat.

Iklan nonkomersial adalah iklan yang digunakan untuk menginformasikan, membujuk, atau mendidik masyarakat di mana tujuan akhirnya bukan mencari keuntungan ekonomi, melainkan keuntungan sosial.

Keuntungan sosial bisa berarti sebagai tambahan ilmu, kesadaran masyarakat terhadap perkara yang ada di iklan, serta mencari citra bagus di mata masyarakat. iklan nonkomersial adalah iklan layanan masyarakat.

Unsur-unsur Iklan

Iklan dapat disampaikan melalui media cetak, audio, dan elektronik. Pilihan kata yang digunakan dalam lkian harus menarik, logis, tepat, sopan, serta mudah dimengerti dan diingat konsumen. Kata-kata yang digunakan juga harus menonjolkan keunggulan produknya.

Cobalah kalian perhatikan iklan-iklan poster yang ada di jalan-jalan sekitarmu, pasti kalian akan melihat iklan yang jelas, padat dan ringkas. Dan juga mudah dimengerti oleh orang-orang yang lewat.

Secara umum, sebuah iklan memuat unsur-unsur sebagai berikut.

  • Judul: Walaupun tidak semua iklan menggunakan judul, banyak juga penggunaan iklan yang memakai judul. Semua bergantung pada teknik dan cara penyampaiannya.
  • Nama Produk: Beberapa iklan terkadang tidak langsung menampilkan nama produk. Ada yang menampilkan nama produknya kecil saja, tapi gambar yang ada mampu mengarahkan orang untuk mencari nama produk pada iklan tersebut.
  • Penjelasan Produk: Untuk bagian penjelasan produk biasanya tidak terlalu panjang. Jika terialu panjang, maka pembaca akan bosan membaca iklan tersebut.
  • Desain: Desain biasanya selalu menarik dengan komposisi warna yang proporsional.

Nah, itu tadi pengertian iklan komersial dan iklan nonkomersial, serta unsur-unsur apa saja yang terdapat pada iklan. Semoga menambah wawasan Anda!

Pengertian Iklan Komersial dan Iklan Nonkomersial