9 Alasan Mengapa TikTok Menjadi Platform Populer di Dunia

Alasan Mengapa TikTok Populer

9 Alasan Mengapa Menjadi Platform Populer di Dunia – Tidak diragukan lagi, aplikasi video pendek sedang booming saat ini. TikTok menjadi salah satu platform paling populer di dunia saat ini, tepat di belakang aplikasi lainnya seperti Instagram dan Facebook.

Jadi, jika Anda berpikir bahwa hanya populer di Indonesia dan negeri asalnya, maka Anda keliru. Nyatanya wabah sudah menyebar keseluruh dunia. Artis-artis, musisi, tokoh politik, atlit dan orang-orang terkemuka pun mulai membuat akun TikTok resminya, sebagai corong media mereka.

Yang menjadi pertanyaan, seberapa populer TikTok dan mengapa begitu populer di kalangan muda, terutama generasi Z? Inilah beberapa alasan mengapa TikTok begitu populer

TikTok Muncul Diwaktu yang Tepat

Alasan pertama mengapa TikTok populer, ialah kemunculannya di waktu yang tepat. Milenial dan Generasi Z semua ingat Vine, yang seperti TikTok, ialah aplikasi video pendek di mana pengguna dapat memposting klip video perulangan hingga enam detik. Vine diluncurkan pada 2013 dan dimiliki serta dikembangkan oleh Twitter.

Sepanjang masa kejayaannya, Vine memperoleh lebih dari 200 juta pengguna aktif, menjadikannya salah satu platform media sosial yang cukup populer pada masanya. Namun, pada Oktober 2016, Twitter mengumumkan bahwa semua unggahan Vine baru akan dinonaktifkan. Dan pada Januari 2017, era Vine resmi berakhir.

Di masa kekosongan ini, TikTok hadir dan mampu mengisi kekosongan yang ditinggalkan Vine sebagai aplikasi video pendek serupa saat diluncurkan untuk iOS dan Android pada 2017.

Menarik Perhatian Dengan Waktu Singkat

Meskipun pengguna sekarang dapat membuat video TikTok hingga 10 menit, sebagian besar video TikTok pendek dan dapat discroll dengan mudah. Akibatnya, TikTok menarik bagi mereka yang tidak suka menonton video lama-lama seperti di YouTube.

Biasanya, orang sekarang lebih suka menonton video 10 detik daripada video 10 menit, dan TikTok memanfaatkan fakta ini dengan kemampuan video berdurasi pendek. Kompetitor lainnya pun kini menghadirkan fitur video pendek serupa, seperti Shorts di YouTube, dan Reels di Instagram.

Algoritma TikTok Mempelajari Apa yang Anda Suka

Jika Anda tahu sesuatu tentang TikTok, maka Anda tahu betapa canggihnya algoritmenya. Algoritme TikTok dapat mempelajari apa yang Anda suka dan apa yang Anda minati berdasarkan aktivitas Anda di aplikasi.

Misalnya, jika Anda dengan cepat menggulir suatu video, algoritma akan mencatat hal ini dan akan menghindari menampilkan video serupa kepada Anda di masa mendatang. Atau, jika Anda menonton video beberapa kali, menyukainya, dan mengomentarinya, algoritma akan mencatat ini dan akan menampilkan lebih banyak video serupa di masa mendatang.

Hasilnya, TikTok dapat belajar banyak tentang penggunanya hanya dari beberapa metrik. Kemudian dapat menentukan apa minat mereka, apa hobi mereka, merek apa yang mereka sukai, di mana mereka tinggal, dan banyak lagi.

TikTok Menyenangkan dan Kreatif

TikTok sendiri adalah platform yang sangat menyenangkan dan kreatif. Platform ini memiliki filter, teks, suara, dan efek musik bawaan bagi pengguna untuk bereksperimen dalam video mereka. Mereka menjadi tren dari waktu ke waktu, dan pengguna yang memanfaatkan yang terbaru menemukan kesuksesan luar biasa dalam membuat konten mereka menjadi viral.

Video TikTok Mudah Dibuat

TikTok juga merupakan platform ramah pengguna yang memudahkan pengguna membuat video langsung di dalam aplikasi. Berkat alat pengeditan video TikTok, pengguna tidak perlu memiliki keterampilan khusus, peralatan canggih, atau pengalaman mengedit video sebelumnya untuk membuat video.

Pengguna juga dapat merekam video dari aplikasi itu sendiri atau mengunggah video yang direkam sebelumnya. Bahkan, Anda tak perlu peralatan rekam mumpuni dan audio yang super jernih untuk membuat video Anda FYP (For Your Page). Sehingga, Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk mempromosikan atau memviralkan suatu momen.

TikTok Terus Memiliki Tren Baru

TikTok terkenal karena tren khusus platformnya, dan tren ini terus berubah, selalu membuat pengguna tertarik untuk membuat konten baru. Sepertinya setiap minggu ada suara tren baru, tarian, lelucon, tantangan, dll. untuk mendorong pengguna membuat lebih banyak konten.

TikTok Berbeda Dari Platform Lain

Alasan selanjutnya mengapa TikTok begitu populer adalah karena “berbeda” dari platform media sosial populer lainnya seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Tren lebih umum di TikTok dibandingkan dengan platform lain. Selain itu, pengguna TikTok akan setuju bahwa platform ini lebih kondusif untuk ekspresi dan kebebasan kreatif, di mana terkadang konten yang paling keterlaluan atau bahkan yang paling sederhana pun bisa menjadi sensasi dalam semalam.

Namun pada saat yang sama, TikTok juga memanfaatkan elemen populer dari beberapa platform pesaing, seperti tagar dan livestreaming misalnya. Sehingga pengguna baru pun akan merasa lebih familiar.

TikTok Memungkinkan Penggunanya Memakai Musik Berhak Cipta

Salah satu kekuatan TikTok lainnya adalah memungkinkan para penggunanya untuk memakai musik berhak cipta untuk sebuah video. Ini tidak mungkin dilakukan di platform lain seperti YouTube, misalnya. Fakta bahwa pengguna dapat menggunakan hampir semua lagu membuatnya siap untuk tantangan dance trending dan video lipsync.

Yang cukup menarik, TikTok sangat populer sehingga tangga lagu saat ini sangat dipengaruhi oleh tren TikTok — dan Anda dapat menjamin setidaknya melihat satu “lagu TikTok” di beberapa tangga musik terkemuka.

TikTok Lebih Mudah Membuat Seseorang Terkenal

Terakhir, TikTok menawarkan banyak potensi ketenaran. Anda mungkin pernah mendengar tentang bintang TikTok seperti Charli D’Amelio, Addison Rae, dan Khaby Lame. Influencer TikTok ini mendapatkan ketenaran dan kekayaan mereka masing-masing secara eksklusif melalui TikTok.

Itulah beberapa alasan mengapa TikTok menjadi platform yang begitu populer dan booming di dunia.

9 Alasan Mengapa TikTok Menjadi Platform Populer di Dunia