6 Buah yang Disebut dalam Al-Quran Ternyata Kaya Manfaat

buah dalam al-quran

6 yang Disebut dalam Ternyata Kaya – Selain rasanya yang enak, ternyata -buahan yang disebutkan dalam memiliki yang luar biasa besar untuk kesehatan maupun .

Penasaran buah apa saja yang disebutkan dalam Al-Quran? Berikut daftarnya!

1. Pisang

Si kuning manis yang satu ini disebutkan dalam Alquran yaitu surat Al-Waqi’ah ayat 27-29. Tumbuhan pisang yang berasal dari Asia ini menyukai daerah terbuka yang cukup sinar matahari.

Menurut penelitian, pisang sangat kaya akan serat, memiliki kadar vitamin A, B1, dan C, lemak, mineral dan zat besi.

Pisang baik untuk meningkatkan energi dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Bahkan, karena kandungan seratnya yang tinggi, pisang mampu mengenyangkan jika dikonsumsi.

2. Anggur

Buah favorit sejuta umat ini disebutkan sebanyak 14 kali dalam Al-Quran. Salah satu yang menyebutkan buah anggur adalah surat Al-Mu’minun Ayat 19.

Buah yang memiliki nama latin vitis vinifera ini sudah dikenal sejak zaman Nabi Nuh hingga saat ini.

Daging buah anggur memiliki rasa asam yang dominan, yaitu asam maleat dan asam sitrat. Rasa manisnya sendiri berasal dari tingginya kadar glukosa dan fruktosa

Ada penelitian yang menunjukkan biji anggur itu mengandung pycnogenol yang berfungsi sebagai penguat kolagen. Manfaatnya dapat melenturkan pembuluh darah dan anti penuaan.

Kulitnya juga kaya akan flavonoid yang daya antioksidannya lebih tinggi dari vitamin C.

So, kalau ingin kulit sehat dan glowing, rajin-rajin konsumsi buah anggur!

3. Buah Zaitun

Buah Zaitun disebutkan tujuh kali dalam Alquran, termasuk dalam ayat pertama surat At-Tin.

Zaitun adalah pohon pertama yang tumbuh di bumi dan tumbuh kembali setelah peristiwa banjir Nabi Nuh.

Pohon zaitun disebut sebagai pohon yang diberkahi dan bisa hidup sangat lama, mencapai 500 tahun. Setelah dipotong bisa tumbuh kembali dan berkembang, bahkan jika dipangkas hingga ke tanah.

Keistimewaan zaitun adalah minyaknya yang bisa dikonsumsi langsung setelah di ekstrak. Minyak zaitun diketahui sebagai sumber lemak baik yang mampu menurunkan resiko penyakit jantung dengan mengurangi resiko diabetes.

4. Delima

Buah delima termasuk buah lezat kaya manfaat yang disebut tiga kali dalam Al-Quran. Dalam satu Hadist yang berkaitan dengan kiamat, Allah SWT memerintahkan bumi untuk menghasilkan buahnya dan mengembalikan berkahnya.

Delima adalah satu-satunya tanaman yang disebutkan secara khusus. Dalam Al-Quran disebutkan buah delima memiliki kemiripan dengan zaitun namun rasanya berbeda.

Sejak ribuan tahun lalu manusia sudah menikmati buah delima, baik sebagai panganan atau obat. Delima diperkirakan berasal dari Asia Barat dan menyebar ke wilayah sekitarnya.

Delima menjadi buah primadona masyarakat Mesir, bahkan buahnya jadi santapan bangsawan istana.

Buah delima memiliki berbagai macam nutrisi, seperti protein, karbohidrat, serat, dan vitamin. Termasuk vitamin C, B kompleks, Folat, E, dan K. Sehingga mampu mengurangi resiko penyakit jantung, alzheimer, mencegah kanker, menurunkan tekanan darah dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk , khasiatnya dapat meningkatkan kesehatan kulit, memperlambat penuaan, menghambat kerutan, meregenerasi kulit dan memperbaiki kerusakan kulit.

5. Tin

Buah Tin juga disebut dalam Al-Quran, salah satunya terdapat pada Surat At-Tin. Buah ini juga dikenal dengan nama buah Ara atau Fig.

Dari segi nutrisi, buah ini rendah kalori, bebas lemak dan mengandung serat yang cukup tinggi. Vitamin yang terdapat dalam buah tin seperti vitamin A, vitamin B kompleks, serta vitamin C yang tinggi.

6. Kurma

Buah kurma adalah makanan yang disebut dalam Al-Quran sebagai buah yang istimewa. Saking istimewanya, sampai disebut sampai 20 kali.

Mengonsumsi buah kurma merupakan bagian dari sunah Rosul. Bahkan Rosul sendiri mengatakan bahwa tidak akan lapar penghuninya jika terdapat kurma di dalam rumahnya.

Di bulan Ramadhan, biasanya kurma menjadi hidangan yang banyak disukai masyarakat.

Dalam sebutir kurma, lima puluh persennya adalah gula alami yang cepat dicerna menjadi energi. Itulah sebabnya saat berbuka puasa dianjurkan menyantap kurma.

Selain itu, buah kurma juga memberi manfaat besar bagi kecerdasan. Tujuh butir kurma setara dengan 70 gram unsur penting yang dibutuhkan tubuh. Jumlah tersebut membantu tubuh membersihkan diri dari racun yang tersimpan dalam sisa-sisa makanan.

Di samping itu, kurma juga berkhasiat mengurangi risiko kanker dan sebagai sumber protein yang tinggi.

Itulah aneka buah yang disebutkan dalam Al-Quran, yang ternyata tidak cuma enak, ternyata kaya akan manfaat. Semoga bisa menambah wawasan Anda!

6 Buah yang Disebut dalam Al-Quran Ternyata Kaya Manfaat