Jangan Takut Gagal! 5 Tokoh Dunia Ini pun Pernah Mengalaminya

Bill Gates - Jangan Takut Gagal! 5 Tokoh Dunia Ini pun Pernah Mengalaminya
Bill Gates via BBC

Jangan Takut Gagal! 5 Ini pun Pernah Mengalaminya – Dalam meraih sebuah , terkadang tidak selalu berjalan mulus, banyak halang-rintang yang harus dilalui.

Tetapi hal itu juga yang membuat seseorang menjadi kuat dan dapat belajar dari kegagalan itu sendiri.

Seperti beberapa berikut ini yang mengalami kejadian pahit di masa lalu, maupun saat ia berjuang menggapai kesuksesannya.

Jim Carrey

Jangan takut gagal! Seorang aktor ternama sekelas Jim Carrey pun pernah mengalami kegagalan dalam hidupnya.

Sebagai seorang aktor lucu yang begitu terkenal, Jim Carrey telah meraih besar dalam seni peran.

Beberapa filmya yang begitu masyhur seperti The Mask, Dumb and Dumber, dan Ace Ventura.

Namun dibalik kisah sukses seorang Jim Carrey, terdapat kisah pilu yang menyertainya.

Dia dibesarkan dalam keluarga berpenghasilan rendah dengan seorang ayah yang berjuang untuk mempertahankan pekerjaan.

Mereka sangat miskin sehingga dia harus putus sekolah pada usia 15 tahun dan mendapatkan pekerjaan sebagai petugas kebersihan hanya untuk membantu keluarga.

Pada awal karirnya, stand-up komik pertamanya di sebuah klub bernama Yuk Yuk di Toronto, Jim Carrey mendapat cemooh di luar panggung. Tidak hanya itu, beberapa penolakan audisi pun sempat ia alami.

Namun, kita semua tahu tentang kesuksesan Carrey di kemudian hari.

Dalam sebuah wawancara dengan Oprah Winfrey, Carrey berbicara tentang bagaimana dia menggunakan “Law of Attraction” dengan menulis cek sebesar $ 10.000.000 juta dolar untuk dirinya sendiri.

Ternyata hal itu menjadi kenyataan, dengan dibarengi kerja kerasnya, ia berhasil meraih $ 10.000.000 juta dolar pembayaran untuk karyanya di Dumb and Dumber.

Kolonel Harland Sanders

Apakah Anda pernah melihat logo KFC? Ya, disana terpampang gambar penciptanya, yaitu Kolonel Harland Sanders.

Jika Anda melihat restoran cepat saji ini meraih sukses karena begitu menjamur, lihatlah perjuangannya di masa lalu yang bersusah payah untuk dapat investor.

Sebanyak 1.000 lebih investor menolak resep yang dimiliki Sanders, dan ia tetap tidak menyerah.

Akhirnya pada tahun 1952 ia memulai bisnisnya dan mulai mencoba menjual restoran ayam model waralaba miliknya.

Perusahaan kemudian tumbuh dan berkembang pesat melebihi perkiraan.

Pada tahun 1964, saat usianya sudah 74 tahun, Sanders menjual perusahaan tersebut seharga $ 2 juta dolar kepada sekelompok investor yang dipimpin oleh Jack C. Massey dan John Y. Brown Jr.

Oprah Winfrey

Selebriti satu ini juga bisa menjadi untuk jangan takut gagal. Terbukti, Oprah Winfrey sekarang menjadi selebriti yang namanya begitu harum di dunia selebritas.

Sebelum meraih kesuksesannya seperti saat ini, ternyata Oprah Winfrey sudah mengalami berbagai kesulitan hidup sejak kecil.

Ia dibesarkan oleh seorang Ibu dengan penghasilan rendah, serta kondisi hidupnya yang begitu sulit.

Oprah menceritakan bahwa tidak hanya kondisi kehidupannya yang sulit, tetapi dia selalu mengalami pelecehan seksual, mulai dari usia 9 tahun, oleh sepupu, paman, dan seorang teman keluarga.

Pada usia 14 tahun Oprah hamil, tetapi putranya meninggal tak lama setelah lahir.

Saat ia memulai karir di dunia jurnalistik pun tidak berjalan mulus, awalnya Oprah dipekerjakan di sebuah stasiun televisi lokal untuk berita, namun akhirnya ia dipecat dengan alasan “tidak cocok untuk televisi”.

Hal itu tidak mematahkan semangatnya, pada tahun 1983, Winfrey kembali ke Chicago untuk membawakan acara bincang-bincang yang tidak begitu populer bernama AM Chicago.

Dalam beberapa bulan, pertunjukan itu berubah dari peringkat terakhir, menjadi lebih tinggi dari Donahue, yang merupakan pertunjukan nomor satu pada saat itu.

Hal itu menyebabkan acara tersebut berubah namanya menjadi The Oprah Winfrey Show, yang akhirnya begitu terkenal di seantero negeri.

Henry Ford

Banyak orang mengenal Henry Ford sebagai pendiri Ford Motor Company, salah satu perusahaan otomotif paling sukses sepanjang masa.

Namun siapa sangka ia juga pernah mengalami kebangkrutan sebelum meraih kesuksesannya! Bukan hanya sekali, tapi berkali-kali!

Singkat cerita, Ford merevolusi industri otomotif, memelopori tidak hanya Model T dan jalur perakitan, tetapi juga konsep dan gagasan mobil di setiap rumah.

Bill Gates

Sebelum meraih kesuksesan dengan Microsoft-nya, Bill Gates juga pernah mengalami kegagalan dalam berbisnis.

Traf-O-Data adalah kemitraan antara Gates, Paul Gilbert, dan Paul Allen. Tujuan ini adalah membuat laporan untuk teknisi jalan raya dari data lalu lintas.

Meskipun perusahaan tersebut mendapat keuntungan, namun tidak selamanya berjalan mulus. Akhirnya itu pun kandas.

Meskipun Gates gagal pada bisnis pertamanya, itu tidak menyurutkan niatnya untuk mencoba lagi.

Dia dengan cerdik mampu membangun sebuah perusahaan yang merevolusi pasar komputasi personal.

Dan kita semua tahu betapa suksesnya Microsoft sampai saat ini.

Belajar dari kisah kesuksesan tokoh-tokoh dunia di atas, ada satu kalimat yang perlu kita ingat baik-baik, Jangan Takut Gagal!

Jangan Takut Gagal! 5 Tokoh Dunia Ini pun Pernah Mengalaminya