7 Penampakan Makhluk Laut Dalam yang Menyeramkan

7 Makhluk Dalam yang Menyeramkan – Kehidupan dalam masih menyimpan berjuta misteri yang masih tersembunyi. Wajar saja, karena sebagian besar dari Bumi ini merupakan wilayah perairan, sehingga masih banyak yang belum tereksplor. Termasuk makhluk dalam yang misterius.

Hal inilah yang selalu membuat penasaran para peneliti untuk terus menyikap tabirnya. Termasuk makhluk dasar laut terdalam misterius yang berbentuk aneh dengan kemampuannya yang unik.

Kalau Anda penasaran dengan makhluk laut dalam yang menyeramkan tersebut, berikut Kami telah membuat daftarnya. Scroll terus!

1. Ikan Hantu

Ikan Hantu Makhluk Laut Dalam

Makhluk seperti hantu ini ditemukan oleh para ilmuwan pada bulan Juli 2016. Bertepatan dengan misi riset Okeanos Explorer milik National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA)

Itu menandai pertama kalinya “ikan hantu” ini, tergolong dari keluarga Aphyonidae.

Makhluk dasar laut terdalam ini terlihat berenang di sepanjang punggung bukit, pada kedalaman 2.500 meter, di Monumen Nasional Palung Mariana. Kawasan lindung ini mencakup 246.608 kilometer persegi wilayah timur Filipina.

“Ikan hantu” memiliki kulit yang tembus cahaya, tidak bersisik dan tampak aneh dengan mata yang tidak berwarna.

Jika dilihat sekilas, makhluk laut dalam ini memang seperti hantu dengan tubuh yang transparan.

2. Krustasea Raksasa

Krustasea Raksasa

Next, di kehidupan laut dalam ada Krustasea raksasa. Udang ini adalah salah satu dari tujuh amphipoda “supergiant”.

Ilmuwan berhasil menemukan makhluk dasar laut terdalam ini pada tahun 2011, ketika mereka menjelajahi salah satu parit terdalam di Bumi, Parit Kermadec di lepas pantai timur laut Selandia Baru.

Makhluk laut dalam ini memiliki panjang 20 kali lebih besar dari jenis krustasea lain.

Amphipoda supergiant (Alicella gigantea) ditemukan 6 kilometer di Kermadec Trench, menurut para peneliti.

3. Hiu Megamouth

Hiu Megamouth makhluk laut dalam

Makhluk laut dalam yang menyeramkan selanjutnya adalah ikan Hiu Megamouth.

Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki ukuran mulut yang besar, yang terbentang melewati matanya, serta lengkap dengan gigi-gigi yang super tajam.

Mereka berburu ikan dan kril dengan cara berenang sambil menghisapnya, hampir mirip paus.

Sayangnya, hiu ini jarang terlihat karena sudah langka dan tinggal di laut dalam. Tidak seperti hiu biasa yang sering dijumpai di seluruh lautan.

Jenis hiu lainnya, yaitu hiu martil, merupakan hewan dengan penglihatan paling tajam. Selain itu, jenis Hiu Greenland, termasuk hewan yang berumur panjang.

Menakjubkan bukan ikan berbahaya ini?

4. Deadly Sea Cucumber

Deadly-Sea-Cucumber

Makhluk laut dalam selanjutnya adalah Deadly Sea Cucumber. Hewan ini termasuk penghuni dasaran, yang menghabiskan seluruh waktunya untuk menyisir dasar laut. Tetapi penampilan konyol dan sikap jinaknya, menyimpan rahasia gelap.

Ketika ia kaget atau mendapat serangan predator, beberapa spesies teripang melepaskan bahan kimia beracun yang bernama holothurin.

Holothurin memiliki kemampuan untuk membunuh, atau setidaknya menyetrum hewan apa pun di sekitarnya.

So, hati-hatilah jika melihat makhluk berbahaya ini!

5. Frightening Fangtooth

Fangtooth Makhluk Laut Dalam

Makhluk laut dalam yang menyeramkan ini bernama fangtooth. Namanya sesuai dengan bentuknya yang memiliki gigi yang panjang dan mirip vampir.

Ikan fangtooth menghuni perairan samudera yang ekstrem.

Jika melihat perbandingan antara tubuh dan giginya, ikan ini memiliki perbandingan yang cukup mencolok, yaitu jauh lebih besar ukuran gigi ketimbang tubuhnya. Mirip seperti monster laut!

Meskipun mungkin terlihat menakutkan mirip monster laut, fangtooth yang terancam punah ini hanya dapat tumbuh sekitar 16 cm panjangnya.

6. Shocking Spotted Handfish

Spotted Handfish

Ikan handfish berbintik, Brachionichthys hirsutus, adalah ikan laut Australia yang langka dan hampir punah.

Sirip dada terlihat seperti lengan yang pendek. Dengan menggunakan ekstremitas ini, handfish dapat berenang serta terlihat seperti “berjalan” di dasar laut, namun ia lebih suka berjalan.

7. Ubur-ubur Crimson

Ubur-ubur-Crimson

Seekor ubur-ubur laut dalam, Atolla wyvillei berwarna merah darah memancarkan cahaya biru menyeramkan ketika terancam oleh predator.

Cahaya bioluminescent-nya berkedip dalam pola roda gila hipnotis, berputar di sekitar tubuhnya.

Itulah 7 penampakan makhluk laut dalam yang menyeramkan dan jarang terlihat secara langsung. Maklum saja, mereka tinggal di tempat yang sulit dijangkau .

7 Penampakan Makhluk Laut Dalam yang Menyeramkan