Unsur-unsur Iklan Secara Umum

Unsur-unsur Iklan

Unsur-unsur Secara Umum – Apakah Kamu pernah melihat di televisi, radio, koran atau internet? Bagaimana menurutmu tentang tersebut? Apakah Kamu tertarik dengan produk yang mereka tawarkan?

Jika menurut kamu iklan itu bagus dan kamu tertarik pada apa yang mereka tawarkan, berarti pengiklan telah berhasil meraih hati calon konsumennya.

Iklan adalah informasi yang isinya membujuk dan menarik perhatian masyarakat agar tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan pada iklan tersebut.

Media untuk iklan bisa disampaikan melalui media cetak, elektronik, maupun audio.

Agar masyarakat tertarik dengan iklan tersebut, maka iklan harus dibuat sedemikian menarik, serta memenuhi unsur-unsur iklan.

Pilihan kata dalam iklan haruslah menarik, logis, tepat, sopan, serta mudah dimengerti dan diingat oleh konsumen. Paling tidak, kata-kata yang ada pada iklan harus menonjolkan keunggulan produknya.

Unsur-unsur Iklan

Secara umum, sebuah iklan memuat unsur-unsur sebagai berikut:

1. Judul

Meskipun tidak semua iklan menggunakan judul, banyak juga penggunaan iklan yang memakai judul. Semua bergantung pada teknik dan cara penyampaiannya.

Idealnya, judul pada iklan mewakili produk atau jasa. Kata-kata yang ditampilkan singkat, namun sekali melihat orang akan tertarik dengan iklan tersebut.

2. Nama Produk

Beberapa iklan kadang tidak menampilkan nama produknya secara langsung. Ada yang menaruh nama produknya kecil saja, tapi gambar dalam media iklan itu mampu mengarahkan orang untuk mencari nama pada iklan tersebut.

Secara umum, nama produk biasanya dibuat dengan ukuran yang besar. Tujuannya agar nama produk menjadi perhatian utama pada sebuah iklan.

3. Penjelasan Produk

Untuk bagian penjelasan produk biasanya tidak menggunakan kata-kata yang terlalu panjang. Kalau terlalu panjang, maka pembaca akan bosan membaca iklan tersebut.

Untuk iklan, kata-kata atau penjelasan produk yang digunakan sebaiknya menggunakan kalimat singkat, jelas, menarik, dan mudah dipahami oleh yang melihat.

4. Desain

Tidak menarik rasanya jika melihat iklan yang desainnya tidak bagus atau asal-asalan. Desain memainkan peranan penting dalam sebuah iklan, karena desain juga mencerminkan produk, maupun kualitasnya.

Meskipun tidak ada patokan pasti mengenai desain iklan yang menarik, tetapi paling tidak desain harus dibuat menarik dengan permainan komposisi warna yang proporsional dan mudah diingat orang.

Itulah unsur-unsur iklan secara umum yang perlu kamu pahami. Silahkan baca kembali jika dirasa belum memahaminya dengan baik.

Unsur-unsur Iklan Secara Umum