Contoh Pidato Hari Kemerdekaan 17 Agustus Singkat

contoh pidato kemerdekaan

Hari 17 Agustus Singkat – Hari Indonesia yang dirayakan setiap tanggal 17 Agustus, biasanya diikuti dengan bermacam perlombaan maupun rangkaian acara menarik. Termasuk penutupan acara yang umumnya diisi oleh sambutan-sambutan dan pagelaran seni.

Nah, buat Anda yang ingin mengisi hari kemerdekaan Republik Indonesia, Anda bisa tiru hari kemerdekaan 17 agustus singkat seperti di bawah ini.

Contoh Pidato Hari Kemerdekaan Singkat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bapak-bapak, ibu-ibu dan saudara-saudara sebangsa dan setanah air yang kami hormati. Tiada sesuatu yang layak untuk diucapkan pada hari yang amat sangat bersejarah ini, melainkan ucapan syukur yang tiada terhingga kehadirat Allah SWT. karena atas rahmat dan izin-Nyalah sehingga kita dapat menikmati hasil jerih payah para pejuang yang dengan gagah perkasanya mengorbankan segenap jiwa dan raganya demi sebuah kemerdekaan, sebagaimana yang kita nikmati dan kita rasakan saat ini, yaitu hidup dengan menghirup udara kebebasan.

Shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Pemimpin umat dan pembawa rahmat bagi sekalian alam, Nabi Besar Muhammad SAW. Juga kepada segenap keluarga, para sahabat serta orang-orang yang senantiasa berpegang teguh, berjalan pada risalah beliau.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air yang kami hormati. Dengan memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke…. (sebut tahun kemerdekaan), maka itu berarti kita atau bangsa ini telah menghirup udara kemerdekaan dan kebebasan selama … (sebut tahun kemerdekaan) tahun larnanya.

Tentunya masih segar dalam ingatan kita, bahwa pada tanggal17 Agustus 1945, tepatnya pada pukul 10.00 pagi, kemerdekaan Republik Indonesia di proklamasikan dan tersiar di seluruh penjuru . Pernyataan tersebut merupakan penegasan kepada akan hak asasi bangsa Indonesia yaitu merdeka, bebas dari kolonialisme yang sekian lama membelenggu bangsa ini.

Adapun kemerdekaan yang diwariskan kepada kita ini sekali-kali bukanlah hadiah dari Belanda, Jepang dan Portugis. Tetapi kemerdekaan ini adalah merupakan rahmat dari Allah SWT dengan disertai perjuangan yang tak kenal lelah oleh para pendahulu bangsa kita sendiri.

Hadirin sekalian yang berbahagia. Nikmat sebesar ini patutlah untuk kita syukuri, adapun bentuk rasa syukur kita adalah dengan mengisi dan mewarnai kemerdekaan ini dengan pembangunan-pembangunan di bidang ideologi, poiitik, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan.

Dengan tetap menyalakan api dan semangat perjuangan yang berjiwa ’45 untuk menciptakan pembangunan yang mensejahterakan dan memakmurkan rakyat secara adil dan merata. Inilah yang menjadi cita-cita bangsa kita Indonesia tercinta.

Hadirin sekaiian yang berbahagia. Sebelum mengakhiri pertemuan kita pada hari ini, marilah kita sama-sama berdoa semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan kucuran rahmat, nikmat, taufiq serta hidayah-Nya kepada segenap pemimpin bangsa ini dan rakyatnya, sehingga bangsa kita ini akan menjadi bangsa yang baik di mata Allah dan bangsa ini mendapatkan ampunan-Nya. Dengan demikian Insya Allah bangsa Indonesia senantiasa akan menjadi bangsa yang dirahmati oleh Allah SWT. Amiin.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah contoh pidato hari kemerdekaan 17 agustus singkat. Silahkan Anda ubah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan acara.

Contoh Pidato Hari Kemerdekaan 17 Agustus Singkat